Cara Membuat Kolam Renang Sederhana untuk Rumah Minimalis

cara membuat kolam renang

Rumah minimalis dengan adanya kolam renang di dalamnya adalah impian banyak orang. Terutama bagi anda yang ingin merasakan kenyamanan berenang di dalam kolam renang pribadi, mulailah untuk menyisakan lahan dan membangun sebuah kolam renang. Cara membuat kolam renang sederhana untuk rumah minimalis bisa dimulai dengan membuat desain atau rancangannya terlebih dahulu.

Mengingat kolam renang di dalam rumah juga membutuhkan lahan luas dan perawatan. Anda bisa memilih desain kolam renang yang sesuai dengan konsep minimalis. Baik pemilihan material ataupun bentuk kolam renang. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk membuat kolam renang sederhana di rumah minimalis anda.

Cara Membuat Kolam Renang Sederhana

  1. Tentukan Lokasi

Cara membuat kolam renang yang pertama adalah menentukan lokasinya. Tentukan terlebih dahulu dimana lokasi yang cukup dan sesuai dengan ukuran kolam renang yang akan dibuat. Barulah setelah anda mendapatkan lokasi yang tepat, ukurlah lokasi dan membuat sketsa ukuran rencana lokasi dari kolam renang. Ukuran lokasi ini nantinya bisa digunakan untuk merancang bagaimana desain bentuk kolam renang dan berapa kira-kira ukuran serta bentuk kolam yang sesuai dengan lokasi.

  1. Proses Mendesain

cara membuat kolam renang mini

Barulah di tahap ini, cara membuat kolam renang sederhana dengan proses mendesain. Tahap ini, kita bisa membuat sketsa kasar bentuk kolam yang berdasarkan ukuran lokasi kolam yang sudah anda tentukan. Pilih bentuk kolam yang juga menyesuaikan bentuk lokasi atau bentuk lain yang cukup diterapkan di lokasi kolam renang. Sementara untuk gaya kolam dan ornamen kolam renang sebaiknya disesuaikan dengan gaya rumah anda agar terlihat lebih serasi.

  1. Proses Pembuatan Kolam

cara membuat kolam renang pribadi

Baca juga : Contoh Desain Kolam Renang Minimalis Belakang Rumah

Saat pembuatan kolam dimulai sebaiknya dilakukan penandaan titik batas-batas galian dengan patok. Setelah proses penggalian selesai, anda bisa melanjutkan proses pemasangan instalasi pipa untuk kolam. Hal ini bertujuan untuk lebih mempermudah mengosongkan air pada kolam. Cara membuat kolam renang sederhana ini haruslah dilakukan secara bertahap dan berurutan.

  1. Pemasangan Bata dan Pembuatan Lantai

cara membuat kolam renang sederhana

Baca juga : Contoh Denah Rumah dengan Kolam Renang Mungil Tapi Elegan

Jika instalasi pipa kolam yang ada di dibawah kolam renang selesai dipasang anda bisa melanjutkan tahapan pemasangan dinding bata dan juga lantai kerja yang merupakan suatu cor-coran semen. Fungsinya adalah untuk tempat alas kerja saat proses perakitan besi. Sementara untuk dinding bata atau batako berfungsi sebagai tempat menahan dan cetakan cor-coran semen. Adanya lantai kerja dan dinding bata ini membuat proses pengecoran lebih bagus.

  1. Pembesian Kolam

cara membuat kolam renang sendiri

Baca juga : Inspirasi Denah Rumah Mewah 2 Lantai Modern dengan Kolam Renang Minimalis

Cara membuat kolam renang sederhana berikutnya adalah dengan pembesian kolam. Tahap ini juga harus dilakukan dengan baik dan benar. Pastikan bahwa perakitan besi pada lantai dan juga dinding kolam renang dilakukan dengan baik. Pembesian kolam harus dilakukan dengan sedetail mungkin.

  1. Pengecoran Lantai dan Dinding

cara membuat kolam renang di rumah

Salah satu proses yang juga dilalui sebelum pengecoran lantai dan dinding adalah adanya pembuatan bekisting. Jika bekisting sudah siap sepenuhnya diisi dengan campuran beton yang mana prosesnya berlangsung hingga bagian kolam terisi dengan campuran beton. Pengecoran lantai dan dinding ini merupakan tahap yang juga harus dilalui.

Cara membuat kolam renang tidak berhenti sampai disitu saja tetapi juga adanya pembongkaran bekesting, pelapisan waterproofing, instalasi perpipaan dan juga listrik serta proses finishing. Proses finishing disini nanti adalah pemasangan lapisan penutup permukaan kolam renang.

Rumah minimalis anda bisa menjadi salah satu rumah idaman dengan adanya kolam renang pribadi di dalamnya. Pastikan untuk menyesuaikan budget yang anda miliki serta pilih desain yang sesuai dengan keinginan anda. Kolam renang untuk rumah minimalis bisa terwujud sempurna.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password