Cara Membersihkan Sofa dari Berbagai Jenis Noda yang Membandel

cara membersihkan sofa

MyGriya – Sofa menjadi salah satu komponen penting yang ada dalam rumah, khususnya rumah modern seperti yang ada saat ini. Tak hanya untuk ruang tamu, sofa biasanya juga dihadirkan untuk ruang keluarga sebagai tempat terbaik berkumpulnya anggota keluarga. Biasanya anggota keluarga akan menghabiskan waktu di sofa tersebut sambil menonton TV bersama dan menyantap berbagai camilan. Tapi terkadang, camilan yang disajikan tersebut menyisakan noda yang menempel pada sofa. Dan tak jarang juga noda yang menempel tersebut sangat susah untuk dihilangkan. Kalau sudah begini, bagaimana cara membersihkan sofa yang terkena noda membandel tersebut?

Tenang saja, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membersihkan sofa dari berbagai noda yang membandel, baik itu makanan, buah dan lain sebagainya. Caranya sendiri juga sangat mudah untuk Anda terapkan di rumah. Tak perlu banyak bahan yang harus digunakan untuk langkah pembersihan, hanya langkah simpel Anda sudah bisa menghilangkan noda membandel tersebut.

Berikut Cara Membersihkan Sofa dari Berbagai Noda yang Membandel

Noda es krim di sofa

Noda es krim di sofa

Yang pertama, noda yang cukup sering menempel di sofa baik secara sengaja atau tidak sengaja adalah es krim. Ini biasanya sering terjadi pada keluarga yang di dalamnya terdapat anak kecil yang memang suka sekali dengan yang namanya es krim. Jangan khawatir jika es krim tumpah pada sofa dan meninggalkan bekas. Cara membersihkannya yaitu dengan menyiapkan terlebih dahulu sikat gigi bekas dan air serta juga sabun mandi. Silahkan Anda basahi sofa yang terkena noda es krim lalu oleskan dengan sabun mandi. Diutamakan yang digunakan adalah sabun mandi cair agar lebih mudah pengaplikasiannya. Sikat secara perlahan dengan sikat gigi bekas tadi hingga noda hilang. Keringkan sofa dengan cara mengelapnya menggunakan handuk bersih.

Noda minyak

Noda minyak

Camilan yang paling enak disantap bersama keluarga selagi santai adalah gorengan dan juga snack. Tapi ternyata kedua makanan tersebut mengandung minyak dan tak jarang juga menyisakan noda di sofa. Noda minyak ini biasanya sangat susah untuk dihilangkan, sehingga butuh cara yang ampuh dalam mengatasinya.

Caranya dengan meneteskan sedikit pemutih di sofa yang terkena noda minyak, lalu kemudian gosok perlahan dengan kain yang bersih. Selanjutnya gosok kembali menggunakan kain lap yang sudah dibasahi dengan campuran air panas dan juga detergen. Lakukan langkah tersebut hingga noda minyak pada sofa hilang.

Noda darah

Noda darah

Ruang keluarga juga bisa menjadi tempat bermain anak. Terkadang anak bermain benda-benda tajam dan tangan atau anggota tubuhnya tidak sengaja terluka karenanya. Hal ini biasanya juga akan menyisakan noda darah pada sofa yang tentunya tak mudah untuk dihilangkan. Jika memang seperti ini, cara membersihkannya yaitu dengan menyiapkan lap bersih lalu basahi dengan alkohol. Gosok perlahan bagian sofa yang terkena noda darah tadi. Setelah itu, siapkan lap batu lagi dan basahi dengan air detergen, lalu gosok-gosok kembali sofa yang terkena noda. Yang terakhir basahi lap dengan air bersih dan gosok perlahan hingga sofa bersih. Lakukan cara ini sampai noda pada sofa benar-benar menghilang.

Noda buah anggur

Dan yang terakhir yang juga tak jarang terjadi adalah sofa yang terkena noda anggur. Untuk cara membersihkannya sangat mudah, yakni dengan membasahi terlebih dahulu lap bersih dengan alkohol, lalu gosok sofa secara perlahan. Selanjutnya bubuhi lap dengan deterjen dan gosok-gosokkan kembali pada sofa yang terkena noda. Terakhir, gosok area sofa yang terkena noda dengan lap basah. Keringkan dengan lap kering atau dengan menjemurnya.

Itulah tadi beberapa cara membersihkan sofa dari berbagai macam noda yang menempel dan cukup sulit untuk diberishkan dengan air biasa. Lakukan caranya dengan benar dan dapatkan sofa yang bersih dan bagus.

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password