Paling Ampuh! Cara Membasmi Rayap di Atap Rumah Bermaterial Kayu

Cara Membasmi Rayap di Atap Rumah

MyGriya – Cara Membasmi Rayap di Atap Rumah – Menghadirkan hewan peliharaan di dalam rumah seperti anjing atau kucing, memang mampu menghadirkan kegembiraan tersendiri bagi pemiliknya.

Terlebih lagi mereka yang memang suka dengan hewan peliharaan. Tapi lain halnya dengan kucing atau anjing, ada salah satu hewan yang mana keberadaannya menjadi ancaman tersendiri bagi sang pemilik rumah. Hewan berbahaya tersebut adalah rayap. Meskipun ukurannya sangat kecil, tapi gerombolan rayap ini mampu menghancurkan sebuah rumah yang mana sebagian besar terbuat dari material kayu, misalnya saja bagian atap rumah. Jika dibiarkan terus menerus, rayap akan memakan apapun material rumah yang terbuat dari kayu tersebut dan akhirnya menjadi rapuh.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sangat penting dilakukan untuk membasmi rayap lebih dini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membasmi rayap dari dalam rumah, dan cara selengkapnya akan kami bahas tuntas di bawah ini. Yuk simak ulasan selengkapnya!

Paling Ampuh! Cara Membasmi Rayap di Atap Rumah Bermaterial Kayu

Menggunakan minyak tanah

Orang jaman dulu sering menggunakan minyak tanah sebagai pelapis dari kayu yang akan dibuat untuk mendirikan sebuah rumah. Banyak menfaat yang bisa di dapat dari pengaplikasian minyak tanah pada perabotan kayu tersebut, salah satunya menghindarkannya dari bahaya rayap. Reaksi keras yang ditimbulkan oleh minyak tanah akan membuat rayap mati seketika. Atau untuk pencegahannya, rayap memang tidak suka dengan bau serta efek keras yang diberikan oleh minyak tanah tersebut. Dengan demikian, rayap tidak akan pernah menyentuh material rumah dari kayu yang sudah dilapisi minyak tanah tersebut.

Melapisi dengan tinner

Selain minyak tanah, anda juga bisa memanfaatkan tinner untuk mencegah rayap memakan lebih banyak atap rumah yang bermaterial kayu. Efek yang diberikan hampir sama dengan penggunaan minyak tanah di atas. Bau menyengat yang ditimbulkan oleh tinner sangat tidak disukai oleh rayap, sehingga nantinya rayap tidak akan lagi mengganggu kenyamanan anda. Agar lebih sempurna dalam melindungi kayu, anda bisa melapisi material kayu dengan tinner secara menyeluruh, kemudian jemur hingga tinner meresap sempurna. Barulah nanti material kayu di pasangkan pada atap rumah.

Menggunakan air cucian beras

Tak hanya menggunakan cairan keras saja, air cucian beras ternyata cukup ampuh untuk mengusir rayap dari atap rumah yang bermaterial kayu. Cara penggunaanya pun tak jauh berbeda dengan penggunaan tinner ataupun minyak tanah di atas. Anda cukup melapisi seluruh bagian material kayu dengan air cucian beras tersebut. Dengan demikian, rayap tidak akan lagi memakan material kayu yang memang menjadi kesukaannya.

Menggunakan cairan kapur sirih

Selanjutnya cara rayap di atap rumah yang bermaterial kayu adalah dengan memanfaatkan cairan kapur sirih. Cairan kapur sirih yang memiliki efek panas akan membuat kulit rayap yang tipis serta sensitif berinteraksi. Nantinya rayap akan merasa kepanasan sehingga akhirnya mati. Cara penggunaan kapur sirih untuk membasmi rayap cukup mudah. Anda tinggal memasukkannya pada botol spray lali menyemprotkannya pada tempat gerombolan rayap. Atau bisa juga dengan cara melapisi kayunya.

Menggunakan air larutan garam

Dan yang terakhir yaitu dengan memanfaatkan air larutan garam yang juga sangat ampuh membasmi rayap. Cara penggunaanya juga tak jauh berbeda dengan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas. Cukup dengan menyemprotkan atau mengoleskannya pada bagian-bagian atap yang bermaterial kayu. Dijamin rayap tidak akan lagi memakan material kayu di atap rumah tersebut.

Demikian tadi cara membasmi rayap dari atap rumah yang bermaterial kayu bisa anda coba terapkan. Sekarang tak perlu lagi takut akan kehadiran rayap di rumah anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password