Jangan Sampai Salah, Begini Cara Memasang Pompa Air Semi Jet Pump yang Benar!

cara memasang pompa air semi jet pump

Pompa air semi jet pump adalah jenis pompa air yang paling sering dipakai. Pompa air jenis ini sangat baik digunakan untuk menyediakan pasokan air yang merupakan kebutuhan pokok manusia. Pompa semi jet pump memiliki alat penyedot air yang sangat dalam dengan ditunjang oleh motor listrik berdaya besar, baling-baling penyedot air, dan penyemburan air yang memiliki tekanan tinggi.

Pompa air jet pump memiliki kemampuan untuk mendorong atau mengangkut cairan dari tempat yang sangat dalam. Misalnya daya tarikan pada pompa semi jet pump Shimizu. Prinsip pompa air jet pump adalah menggunakan prinsip ejector.

Prinsip ejector adalah pengadaan suplai air dengan memanfaatkan adanya perubahan tekanan dari nozzle. Perubahan tekanan itu sendiri terjadi karena aliran cairan atau gas sebagai medium untuk mengangkat air sumur tersebut naik ke atas. Syarat dari penggunaan jet pump yaitu sumur minimal harus memiliki diameter khusus agar ventury jet dapat masuk ke dalam sumur.

Memasang pompa air semi jet pump harus dilakukan secara benar. Hal ini agar pompa air berfungsi secara optimal sehingga ketersediaan air untuk kebutuhan tetap terjaga. Berikut cara memasang pompa air semi jet pump yang bisa dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam pemasangan.

Yuk simak ulasan berikut!

1. Pasang Pompa Sedekat Mungkin dengan Sumur

cara memasang je tpump
Sumber : kelistrikanku,com

Pompa sebaiknya dipasang tidak terlalu jauh dengan sumur, tetapi apabila terpaksa harus jauh dari sumur, maka jarak maksimumnya dibatasi sesuai daya hisapnya. Dengan daya hisap 8 meter, maka maksimal panjang pompa hisap adalah 9 meter. Pengaturan tersebut berguna agar pompa air tidak bekerja terlalu keras dan dapat menghantarkan air dengan lancar.

2. Letakkan Pompa Pada Fondasi yang Kuat

Sebaiknya letakkan dudukan pompa pada fondasi yang terbuat dari semen atau beton. Alas yang kuat akan berguna untuk menghindari pompa miring setelah dipakai dalam beberapa tahun.

3. Letakkan Pompa di Tempat yang Mudah untuk Diperbaiki

memperbaiki pompa
Sumber : youtube,com

Sebaiknya jangan memasang pompa di tempat yang sempit. Letakkan di tempat yang mudah untuk memperbaiki pompa apabila ada kerusakan. Tetapi apabila terpaksa harus ditempatkan di tempat yang sempit, maka jarak pompa terhadap dinding yang dianjurkan adalah minimal 30 sentimeter.

4. Pasang Stop Kran pada Lubang Pengeluaran

pemasangan stop kran pada pompa air
Sumber : zakilateknik.blogspot,com

Memasang stop kran pada lubang pengeluaran (discharge) bertujuan untuk memudahkan pengecekan atau perbaikan.

5. Kurangi Jumlah Tikungan pada Pipa

pipa pompa air
Sumber : infohargabahanbangunan.blogspot,com

Sebaiknya kurangi jumlah tikungan pada pipa untuk mencegah kebocoran atau mengurangi hambatan aliran air.
Itulah cara untuk memasang pompa air semi jet pump yang bisa dilakukan agar pompa berjalan optimal. Walau ada beberapa jenis pompa air, pompa air Shimizu termasuk pompa air yang paling laris, karena dengan harga yang tawarkan membuat setiap orang bisa memilih sesuai anggaran. Pompa air semi jet pump sendiri merupakan salah satu tipe pompa air yang disediakan oleh pompa air Shimizu selain pompa air sumur dangkal.

Shimizu JET-100 BIT

Salah satu jenis pompa air semi jet pump dari Shimizu adalah jenis pompa air Shimizu JET-100 BIT dengan daya dorong maksimal 29 meter. Pompa air semi jet pump adalah pompa air yang biasanya digunakan di daerah perkotaan, karena daerah perkotaan baru bisa mendapatkan kualitas air yang bagus di kedalaman di atas 50 meter. Shimizu, Sedotannya Kuaaaaaaaat, Semburannya Kuencenggg!

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password