cara hemat membangun rumah sendiri

membangun rumah

Mygriya.com – Saat ini sudah banyak developer yang menjual rumah siap huni. Meskipun demikian, tak sedikit orang yang berkeinginan untuk membangun rumahnya sendiri mulai dari nol. Memang banyak sekali alasannya, tetapi alasan terbanyak yang digunakan adalah karena mereka bisa mendesain sendiri rumah tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Namun, membangun rumah sendiri bukanlah sebuah hal yang mudah dan murah. Belum lagi kebutuhan pokok yang harus selalu dipenuhi sedangkan harga bahan dan tanah yang cenderung selalu naik.

Bahkan banyak yang terjebak, di mana awalnya ingin irit tetapi justru menjerit karena biaya pembangunan rumah sendiri jauh lebih besar dari dana yang tersedia. Tak hanya biaya, membangun rumah sendiri juga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jadi, mau tidak mau memang harus bersabar untuk bisa segera menempati rumah idaman. Oleh sebab itu simaklah tips berikut cara hemat membangun rumah sendiri.

baca juga cara Desain Rumah Tahan Gempa
1. Buat Perencanaan Pembangunan Rumah
Sebagai langkah awal, rencanakanlah pembangunan rumah dengan merencanakan kemampuan dana Anda, ukuran bangunan, hingga target waktu pembangunan.

Rencana ini nantinya berfungsi sebagai pengendali kemungkinan terjadinya penyimpangan selama proses pembangunan berlangsung. Jika proses pembangunan rumah melenceng dari rencana, tentu akan berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan.

Sebagai contoh lamanya waktu pembangunan sudah pasti akan menambah biaya tukang. Oleh sebab itu, pilihlah tukang atau pemborong profesional yang benar-benar ahli dalam bidangnya, sehingga mampu mengerjakan pembangunan rumah sesuai dengan apa yang telah Anda direncanakan.

Baca Juga : Rumah Idaman Untuk Pasangan Baru

2. Gunakan Desain Tipe Minimalis
Rumah dengan desain tipe minimalis saat ini tengah menjadi tren baik untuk pengembangan perumahan rakyat maupun pembangunan rumah sendiri. Desain rumah ini dinilai lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan namun tetap terkesan modern dan mewah.

Sesuai dengan desainnya yang minimalis, rumah bertipe ini hemat ruang sehingga tak banyak menghabiskan bahan bangunan. Untuk memperoleh desain rumah tipe minimalis, Anda tidak perlu merogoh kocek guna menyewa jasa seorang arsitek, tetapi bisa browsing di internet sehingga bisa memperoleh desain rumah yang diinginkan secara gratis.
3. Mulai Membangun Secara Bertahap
Untuk membangun rumah Anda sendiri, pada dasarnya Anda tak harus menunggu sampai dana mencukupi keseluruhan bagian dari pembangunan tersebut. Anda bisa memulainya secara bertahap.

Mulai dari pembelian tanah, pendirian bangunan, hingga pemasangan atap dilakukan dan disesuaikan dengan budget yang ada. Memang hal ini bisa memakan waktu lebih lama, tetapi hal tersebut memberikan kesempatan bagi Anda untuk lebih fokus pada setiap tahapnya, serta dana yang dikeluarkan pun dapat lebih teratur dan mudah dipantau.
Itulah cara hemat membangun rumah sendiri, jika Anda ingin membangun rumah, pastikan sudah mengetahui hal-hal penting diatas.

Baca Juga :Cara Jitu Menjadikan Rumah Sebagai Tempat Usaha

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password