Ada Tanaman Bunga Rumahan yang Boleh Dimakan, Anda Berani Coba?

bunga yang boleh dimakan

Daun tanaman telah lama dimanfaatkan sebagai makanan yang lezat, misalnya sayur daun bayam atau pepaya. Selain daun, bunga tanaman ternyata bermanfaat untuk dimakan. Anda bisa jadi belum menyadari bahwa bunga dari sebuah tanaman ternyata bisa dimakan juga. Ada zat asli yang ditemukan pada bunga dan tidak selalu ditemukan di bagian lain dari tanaman.

Bunga telah dimakan sejak zaman kuno. Kelopak bunga mawar dan bunga teratai bahkan sering digunakan dalam masakan India. Selain itu, Masyarakat Cina juga memanfaatkan bunga daylily sebagai bahan makanan. Adapun orang Italia, juga memanfaatkan bunga squash sebagai sajian makanannya.

Namun perlu diingat bahwa tidak setiap bunga dapat dimakan dan beberapa di antaranya bisa beracun. Selain itu, hindari menyemprot insektisida, fungisida, atau herbisida pada bunga yang akan dimakan. Sebagian besar bunga yang dapat dimakan dapat tumbuh dengan mudah, jangan beri atau campuri pertumbuhannya dengan bahan kimia. Berikut referensi beberapa bunga yang dapat dimakan dan mudah Anda tanam di pekarangan rumah.

1. Mawar

gambar bunga mawar
Sumber : topnaz,com

Selain menjadi pilihan utama untuk menghias kue, mawar sangat baik untuk minuman dan bahkan dapat disajikan sebagai hidangan umum. Misalnya diolah menjadi risotto. Mawar memiliki aroma lembut yang dapat berasa manis, dengan rasa yang lebih dalam pada warna yang paling gelap.

2. Nasturtium

Nasturtium
Sumber : keshtzar,com

Bunga nasturtium dapat membuat salad Anda menjadi berwarna cerah: merah, oranye, dan kuning. Warna-warna cerah tersebut begitu menggugah selera, sehingga sulit untuk kita abaikan. Selain itu, Nasturtium umumnya dikenal sebagai selada air yang dapat dimakan. Mereka memiliki rasa pedas yang akan menambah kekayaan rasa salad Anda.

Baca Juga :

3. Dandelion

Dandelion
Sumber : solarconflict,com

Dandelion kuning cerah ini adalah bunga yang kerap dinantikan. Tanaman bunga ini dapat dimakan sempurna, karena Anda bisa memakan semuanya dari akar hingga kelopak. Keindahan warnanya sempurna untuk menghias salad. Atau, Anda dapat menggoreng bunganya pakai adonan tepung. Dandelion tidak hanya memiliki kecantikan warna, tetapi juga kaya antioksidan dan vitamin.

Menarik bukan? Tanaman bunga yang tumbuh di pekarangan Anda selama ini ternyata dapat dimakan. Selain mudah tumbuh subur, bunga-bunga tersebut juga kaya rasa dan banyak manfaatnya sebagai nutrisi alami untuk tubuh. Selain bunga, buah blackcurrant, biji rami, dan ikan salmon juga dapat dikonsumsi karena mengandung asam lemak dari nabati serta hewani.

Selain tampilan bunga yang menarik untuk disajikan, kita juga perlu mempertimbangkan kandungan nutrisinya. Berbagai jenis bunga kerap dikonsumsi karena dianggap dapat mempercantik diri seperti tampilan bunga yang indah. Bila Anda memiliki motivasi tersebut, Anda memerlukan vitamin E yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah proses penuaan akibat radikal bebas.

Kemudahan memperoleh nutrisi yang sehat dan seimbang juga bisa Anda dapatkan dari Omepros. Mengandung omega 3, 6, 9, EPA, DHA, vitamin E dari minyak biji blackcurrant dan minyak ikan salmon, Omepros membantu Anda mengurangi risiko buruk terjadinya penimbunan kolestrol jahat dalam darah. Nutrisi alami Omepros membuatnya jadi pilihan terbaik bagi asupan nutrisi sehari-hari untuk menjaga dan memulihkan kesehatan. Bagi Anda yang ingin menjalani hidup sehat dan seimbang, sediakan selalu Omepros untuk keluarga di rumah. Omepros, balancing your life!

Sumber Featured Image : eat119,com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password