Ingin Menambahkan Batu Alam di Dinding Rumah? Pertimbangkan Hal-hal Berikut!

batu alam di dinding rumah

Batu alam menjadi salah satu hiasan rumah yang banyak digandrungi oleh masyarakat saat ini. Berbagai jenis dan motif yang tersedia memiliki keunikan tersendiri yang tentu mampu menambah estetika rumah.

Umumnya batu alam dipasang untuk menghias dinding agar tampak lebih segar dan menawan. Tak sedikit pula yang menggunakannya untuk ubin lantai.

Selain nilai estetika yang tinggi, ternyata batu alam juga mampu memberikan manfaat tersendiri seperti menambah kekuatan bangunan rumah, melindungi bangunan dari suhu esktrim, hingga sebagai sarana meningkatkan kenyamanan rumah. Tak heran jika saat ini banyak orang yang memburunya.

Berbicara soal batu alam, tentu banyak sisi rumah yang dapat dihias menggunakan aksesoris ini, seperti dinding teras rumah, dinding ruang tamu dan dapur, maupun lantai. Sebelum Anda memilih batu alam sebagai hiasan rumah, tentu banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar jenis batu alam yang diguanakan cocok dan memberi manfaat yang banyak bagi rumah. Apa saja hal-hal yang perlu dipertimbangkan? Yuk simak ulasan berikut.

1. Desain rumah

desainrumahnya

Desain rumah menjadi pertimbangan sangat penting sebelum memasang batu alam. Pastikan desain rumah Anda merupakan desain yang cocok dan serasi untuk dipadukan dengan batu alam. Desain yang serasi dengan batu alam akan menambah estetika dan kenyamanan rumah. Sebailknya, rumah yang didesain bukan untuk diserasikan dengan batu alam justru mengurangi kenyamanan rumah.

2. Material rumah

pain-base

Material rumah tentu bagian dari hal yang harus dipertimbangkan. Biasanya batu alam disematkan pada dinding yang terbuat dari material beton bukan kayu. Jika rumah Anda menggunakan beton sebagai dindingnya, batu alam cocok untuk disematkan. Jika rumah Anda terbuat dari material kayu maka perlu pertimbangan yang lebih matang terlebih dahulu. Untuk saat ini, sebagian besar rumah sudah menggunakan material beton, sehingga hampir semuanya dapat dihias dengan batu alam.

3. Ruang penempatan

arrowgiftshoppe

Anda juga perlu mempertimbangkan ruang rumah yang akan disematkan batu alam. Untuk rumah minimalis, biasanya batu alam ditempatkan pada bagian teras depan rumah hingga ruang tamu atau hanya bagian depan rumah saja. Batu alam juga bisa dipasang di sisi-sisi rumah yang sangat strategis, seperti dinding tangga. Ubin juga menjadi bagian rumah yang dapat disematkan batu alam.

4. Jenis batu alam

batuparas

Jika ketiga hal sebelumnya telah dipertimbangkan, maka saatnya Anda menentukan jenis batu alam yang akan digunakan.

Banyak aspek yang dapat menjadi bahan untuk memilih jenis batu alam, seperti warna, motif, kelas, dan jenis batu alam.

Pilihlah warna dan motif yang sesuai dengan selera Anda, sehingga mampu memberikan kenyamanna bagi Anda juga keluarga.

Motif dan warna yang dipilih hendaknya serasi dengan konsep pewarnaan utama rumah, sehingga dapat saling melengkapi untuk meningkatkan estetika rumah.

5. Biaya

halomoney

Pastikan Anda telah mempertimbangkan biaya yang dimiliki. Semakin baik kualitas batu alam yang digunakan, maka semakin tinggi pula biaya yang dikeluarkan. Tetapi perlu diingat bahwa harga batu alam yang tinggi belum menjamin sesuai dengan selera Anda. Bagi Anda yang memiliki biaya minimal tetapi selera berada di harga yang cukup mahal, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan arsitek atau teman sejawat dalam membantu memilih jenis batu alam tanpa mengabaikan selera.

Itulah lima hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memilih jenis batu alam untuk disematkan di dinding rumah. Bagi Anda yang saat ini berencana memasang batu alam di rumah, pastikan lima hal di atas telah dipertimbangkan dengan sangat matang. Jagan ragu untuk berdiskusi dengan seluruh anggota rumah atau orang-orang terdekat. Bagaimanapun rumah merupakan kepemilikan bersama, sehingga kenyamanan setiap penghuni rumah menjadi sangat penting. Yuk ciptakan kenyamanan rumah agar keluarga semakin harmonis!

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password