Ingin Memiliki Akuarium Ikan Hias di Rumah? Pertimbangkan Dulu Perawatannya

akuarium ikan hias

Akuarium Ikan Hias – Akuarium merupakan hobi yang sedang naik daun saat ini. Terutama jenis aquascape, yang menampilkan akuarium berhiaskan tumbuhan hijau nan rimbun.

Akuarium dapat menjadi dekorasi interior yang menawan di rumah Anda dengan pemandangan ikan berwarna-warni yang mengasyikkan.

Namun jika Anda berminat untuk memiliki akuarium ikan di rumah, ada beberapa hal yang penting Anda pikirkan terlebih dahulu.

Perawatan akuarium membutuhkan waktu dan perhatian yang lebih tinggi dibandingkan aksen dekoratif berupa obyek pajangan, berikut hal-hal yang penting Anda ketahui mengenai akuarium.

1. Jenis ikan hias akuarium

akuarium-perawatan-rumah-interior-01.jpg
Sumber : pixabay,com

Agar ikan dan tanaman di dalam akuarium dapat bertahan lama dan tidak mudah mati, Anda harus mempertimbangkan konten akuarium sesuai dengan jenis ikan hias yang diletakkan di dalamnya.

Misalnya, ikan-ikan kecil seperti tetra, guppy, dan udang hias lebih sesuai untuk akuarium yang memiliki tumbuhan di dalamnya karena ikan-ikan kecil ini senang bersembunyi di sela-sela tanaman.

Sedangkan jika Anda berencana untuk memelihara ikan hias berukuran besar seperti arwana, sebaiknya minimalisir tumbuhan di dalam akuarium tersebut. Karena jenis ikan ini senang menggali lubang dan menarik tumbuhan atau memakannya.

Saat Anda membeli ikan baru, Anda juga harus menjaga agar ikan tidak saling menularkan penyakit ke ikan-ikan lainnya di akuarium.

Anda harus mengkarantina ikan yang baru dibeli di dalam air bersih untuk membunuh bakteri yang mungkin menempel pada ikan tersebut.

Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa ikan memiliki virus pasif di dalam tubuhnya yang hanya akan aktif ketika ikan terkena stress.

2. Perawatan air akuarium ikan hias

akuarium-perawatan-rumah-interior-02.jpg
Sumber : deanfamilyindustries,com

Anda juga harus memperhatikan kandungan elemen di dalam air akuarium. Tidak cukup hanya menggunakan air bersih, karena ikan-ikan dan tanaman di dalam akuarium membutuhkan nutrisi khusus dari air agar tetap sehat dan bebas penyakit.

Anda harus memikirkan suhu air, dan juga bagaimana mendeteksi bila ada masalah dengan kualitas air akuarium. Sebagai contoh, munculnya ganggang atau lumut pada kayu atau tanaman merupakan salah satu pertanda perawatan akuarium yang buruk.

3. Komitmen

akuarium-perawatan-rumah-interior-03.jpg
Sumber : fatcatzkitchen,com

Tergoda untuk mencoba membuat akuarium memukau seperti yang Anda lihat di Pinterest? Pertimbangkanlah kembali dengan baik.

Akuarium besar yang terlihat megah dan menawan memang sangat menggoda hati, namun perawatannya pun akan membutuhkan komitmen tinggi.

Jika Anda baru akan memulai hobi akuarium, sebaiknya cobalah dengan akuarium berukuran sedang yang dapat Anda tangani dengan praktis.

Sebagian besar akuarium membutuhkan alat untuk mengatur kestabilan suhu dan pompa filter, oleh karena itu tempatkan akuarium di area yang memiliki ventilasi baik.

Anda juga harus menyiapkan area penyimpanan untuk peralatan perawatan akuarium lainnya.

Anda dapat membuat akuarium built-in yang menyatu dengan tampilan interior ruangan, tapi jangan lupa untuk memikirkan instalasi alat-alat serta posisi yang tepat untuk memudahkan Anda membersihkan akuarium dengan praktis.

Anda dapat meletakkan akuarium di ruangan di mana Anda dapat bersantai sambil menikmati pemandangan akuarium Anda.

Pikirkan juga interior ruangan Anda, apakah area di sekitar akuarium dilapisi karpet? Hal ini akan menyulitkan Anda saat menguras air akuarium, karpet Anda dapat terkena percikan air atau menjadi kotor.

Selain itu hindari meletakkan akuarium di dekat jendela, sinar matahari yang menyorot langsung ke akuarium dapat menimbulkan masalah suhu serta meningkatkan pertumbuhan ganggang dan lumut.

Akuarium merupakan aksen penunjang dekorasi interior yang menyenangkan pada sebuah rumah. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memiliki akuarium. Berbagai studi telah menyatakan akuarium memiliki efek menenangkan dan mampu membantu mengurangi stress.

Namun ingatlah bahwa akuarium akan membutuhkan komitmen jangka panjang dan waktu untuk merawatnya dengan baik. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli akuarium, pikirkan dengan baik jenis akuarium seperti apa yang Anda inginkan, lokasi untuk meletakkan akuarium, serta jenis ikan yang akan Anda pelihara.

Sumber Featured Image : home-oka,com

0 Comments

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password