Ingin Ciptakan Air Terjun Buatan di Kolam? Jangan Abaikan 4 Hal ini!

air terjun buatan

Jika Anda melihat megahnya air terjun yang ada di dunia pastinya Anda berharap untuk mengunjungi tempat tempat tersebut. Entah hanya sekedar untuk berwisata atau hanya sekedar berfoto, menikmati keindahan yang diciptakan Tuhan yang Maha Kuasa. Keindahan ini sesungguhnya dapat kita peroleh di rumah. Lebih sempurna lagi jika kita sudah memiliki kolam, sehingga air terjun ini sudah memiliki tempat untuk membuatnya.

Kolam, tepatnya kolam ikan menjadi wadah yang baik untuk membuat air terjun. Hal ini di samping mempercantik kolam kita, air terjun yang dibuat di kolam terkesan lebih praktis dan hemat biaya. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat air terjun buatan di kolam ini. Beberapa faktor tersebut melingkupi banyak hal seperti materi, konsep, dan lain sebagainya. Nah, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat air terjun di rumah Anda.

1. Persiapkan Konsep dan Anggaran.

Konsep dibutuhkan untuk menyesuaikan tema air terjun yang akan Anda buat. Anda bisa memilih konsep dasar seperti modern atau natural. Pada konsep modern cenderung mengutamakan geometri. Bentuk atau wujud dari air terjun diperhatikan betul keteraturannya termasuk juga aliran airnya.

Sedangkan pada konsep natural umumnya air terjun dibiarkan ala kadarnya seakan-akan air terjun tercipta di situ dengan sendirinya. Adapun aliran air juga dibiarkan mengalir sesuai arah batu-batuan yang ada. Konsep ini tidak asal-asalan. Debit air, cara menyembunyikan pompa, kabel, paralon, dan selang air juga membutuhkan teknik tinggi agar air terjun nampak natural.

Pemilihan konsep ini juga harus disesuaikan dengan desain kolam dan desain rumah agar tidak terjadi ketimpangan. Anggaran pembuatan air terjun juga diperlukan untuk menunjang kebutuhan finansial pembuatan air terjun ini. Jangan sampai berlebihan dan jangan sampai kekurangan.

2. Pemilihan Bahan atau Materi

Pemilihan barang atau materi penting untuk menyesuaikan konsep serta biaya yang dibutuhkan. Jangan terlalu pelit untuk memilih bahan. Pilihlah bahan berkualitas. Saat ini bahan yang baik untuk pembuatan air terjun ini adalah batu kali atau batu gunung vulkanik. Keramik tidak disarankan untuk membuat ini terkecuali Anda ingin membuat kolam renang. Batu-batu alam lain juga dapat dipergunakan asalkan sesuai dengan konsep dasarnya.

3. Pilihlah Tempat Pembuatan Air Terjun di Tempat yang Dapat Terlihat

Beberapa orang membuat air terjun di kolam dan menambahkan dekorasi kolam yang berlebihan sehingga air terjun tidak terlihat. Sesuaikan kebutuhan dekorasi kolam agar tidak berlebihan. Tidak sampai di situ saja, perhatikan ekosistem yang ada di kolam tersebut seperti ikan hias yang ada. Pastikan dekorasi yang ada tidak mengganggu kehidupannya.

4. Pastikan Bak Penampungan Air Terjun ini Tidak Bocor

Pemasangan air terjun buatan yang buruk biasanya akan bocor atau merembes ke tempat lainnya. Hal ini berbahaya bagi rumah Anda. Kebocoran dapat menyebabkan korsleting atau masalah-masalah lainnya. Rembesan air membuat tempat lembab dan menjadi tempat tumbuh yang baik untuk lumut.

Lumut ini pastinya licin dan berbahaya bagi keselamatan anak Anda. Belum lagi air yang merembes menandakan berkurangnya jumlah volume air pada kolam ikan. Hal ini tentu sangat mengganggu kehidupan ikan yang hidup di sana.

Untuk mempertahankan jumlah atau volume air ini dibutuhkan asupan air yang mencukupi. Dibutuhkan pompa air berkualitas yang mampu mengisi air di dalam kolam. Pompa air Shimizu PS-230 BIT merupakan pompa air berkualitas yang mampu menyanggupi kebutuhan air untuk kolam dan air terjun buatan Anda.

Dengan adanya pompa air Shimizu PS-230 BIT tentunya akan menguntungkan Anda dan ikan-ikan yang hidup di dalam kolam Anda. Pompa air ini mampu mendorong air hingga 40 m dengan daya sebesar 0,5 kW, sehingga tidak akan membuat tagihan listrik Anda membengkak. Percayakan kebutuhan air Anda dengan produk-produk Shimizu ini. Shimizu, Bintangnya Pompa Air!

Sumber Gambar : classicsbeauty, downloadhdwallpapers, pxhere, clipgoo, avazinternationaldance

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password