Awas, 7 Tipe Perabotan Ini Bisa Membuat Rumah Anda Terlihat Sempit

7 perabotan membuat rumah sempit

Memilih perabotan merupakan salah satu poin penting yang menjadi perhatian utama para pemilik rumah. Perabot yang tepat akan menunjang tampilan interior rumah Anda, namun jika salah pilih, rumah Anda malah akan terlihat sempit dan sesak. Terutama jika Anda memiliki luas rumah yang terbilang mungil. Anda harus pintar-pintar memilih tipe perabotan yang fungsional sekaligus mampu menghemat ruang.

Untuk membantu Anda memilih perabotan yang sesuai bagi kebutuhan hunian, berikut panduan kami untuk tipe-tipe perabotan yang dapat membuat rumah Anda terlihat sempit.

1. Aksen dekoratif yang berukuran besar

tipe-perabotan-rumah-sempit-furnitur-01.jpg
Sumber : pixabay,com

Aksen dekoratif berupa pajangan atau obyek lainnya umumnya menjadi fokus visual pada sebuah ruangan. Namun jika Anda meletakkan terlalu banyak  aksen dekoratif berukuran besar, ruangan Anda akan terlihat tumpang tindih serta berantakan. Untuk itu, usahakan untuk menggunakan hanya satu aksen dekoratif sebagai fokus utama pada ruangan di rumah Anda.

2. Perabotan berwarna buram / matte bernuansa gelap

tipe-perabotan-rumah-sempit-furnitur-02.jpg
Sumber : pixabay,com

Perabotan berwarna buram dan gelap, seperti warna kayu dengan sentuhan matte dapat membuat ruangan terlihat sempit. Menggunakan perabotan berwarna gelap dalam sebuah ruangan juga akan membuat ruangan terlihat kecil karena warna tersebut menyerap cahaya dan meredupkan ruangan.

Agar ruangan terlihat cerah dan lega, gunakan tipe perabotan dengan material transparan yang berkilau seperti kaca atau akrilik. Ini akan membuat ruangan terlihat lebih terbuka dan ringan.

3. Sofa yang tidak berkaki

tipe-perabotan-rumah-sempit-furnitur-03.jpg
Sumber : pixabay,com

Sofa dengan desain tanpa kaki memang terlihat lebih nyaman, namun tipe perabotan ini terlihat bulky dan memakan tempat. Sebaiknya pilihlah sofa yang memiliki kaki sehingga ada jarak antara permukaan lantai dengan sofa. Jarak yang terbuka ini akan memberi ilusi ruang yang lebih lebar.

4. Rak penyimpanan yang menjulang

tipe-perabotan-rumah-sempit-furnitur-04.jpg
Sumber : pixabay,com

Tren rak penyimpanan yang menjulang dari lantai hingga langit-langit memang terlihat modern dan menawan, tapi desain perabotan ini akan memakan ruang yang cukup banyak dan membuat ruangan terlihat penuh, terutama jika Anda tinggal di apartemen kecil.

5. Pintu

tipe-perabotan-rumah-sempit-furnitur-05.jpg
Sumber : pixabay,com

Layout rumah yang memiliki banyak sekat antar ruangan dengan pintu dapat membuat rumah Anda terlihat mungil. Solusinya adalah dengan menggunakan desain open plan yang terbuka, Anda dapat memberi sekat antar ruang dengan cara yang berbeda. Misalnya dengan menggunakan permukaan lantai yang berbeda antara dapur dan ruang makan, atau memanfaatkan elevasi untuk memberi dimensi pada beberapa area ruangan di rumah.

6. Sofa dan perabotan bermotif

tipe-perabotan-rumah-sempit-furnitur-06.jpg
Sumber : pixabay,com

Tipe perabotan bermotif, terutama motif-motif berani yang menyolok mata, memang akan menarik perhatian visual saat memasuki ruangan. Namun perabotan ini dapat membuat ruangan terlihat lebih kecil. Sebagai gantinya, gunakan sofa dengan kain pelapis bertekstur dalam warna-warna netral untuk mendapatkan tampilan interior yang masih terlihat unik dan memberi ilusi ruangan lebih luas.

7.  Perabotan yang tidak proporsional

tipe-perabotan-rumah-sempit-furnitur-07.jpg
Sumber : pixabay,com

Kursi atau meja yang terlalu besar dapat membuat ruangan terlihat sangat kecil. Panduan umum untuk menata ruangan yang luasnya terbatas adalah memilih perabotan dalam ukuran yang serupa dan proporsional satu sama lain, dan melengkapi ruangan dengan baik.

Hindari juga pemilihan perabotan yang tidak multifungsi. Anda dapat memanfaatkan tipe perabotan yang dapat dilipat, digeser, atau berubah fungsi sesuai kebutuhan. Misalnya meja makan yang dapat ditarik menjadi lebih besar untuk mengakomodasi lebih banyak orang saat diperlukan, atau bangku-bangku yang dapat berfungsi sebagai kotak penyimpanan.

Dengan memilih tipe perabotan yang tepat, Anda dapat memiliki rumah idaman yang nyaman, lega, dan tampil mempesona. Jika Anda tinggal di apartemen yang luasnya sempit, cobalah untuk meminimalisir jumlah perabotan yang digunakan. Selain membuat rumah terlihat sempit, akan menyulitkan Anda jika suatu saat hendak pindah rumah.

Sumber Featured Image : pixabay,com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password