7 Manfaat Kipas Angin yang Jarang Orang Tahu

manfaat kipas angin

Kita yang tinggal di Indonesia hampir tak pernah bisa lepas dari yang namanya kipas angin. Sebenarnya tidak mengherankan, mengingat cuaca di Indonesia yang cukup panas. Apalagi, sebagian wilayah Indonesia ada yang dilewati oleh garis khatulistiwa.

Benda yang satu ini cukup mudah kita temukan di berbagai toko elektronik. Tapi jika ingin beli dengan harga murah dan dapat diskon, saya merekomendasikan toko online sebagai tempat berbelanja. Beli kipas angin di Bukalapak misalnya, terasa sangat murah karena hampir setiap hari selalu saja ada voucher diskon atau cashback serta gratis ongkos kirim yang bisa kita manfaatkan untuk berhemat.

Selain itu, toko online seperti Bukalapak juga banyak menjual berbagai perlengkapan elektronik yang kita butuhkan sehari-hari. Seperti kulkas, mesin cuci, setrika, lampu membaca, mesin jahit, dan lain sebagainya dengan harga yang rata-rata sangat terjangkau.

manfaat kipas angin hisap

Baca juga : Minim Budget! Tips Menciptakan Rumah Sejuk Tanpa AC

Berbicara soal peralatan elektronik yang satu ini. Tahukah kamu jika benda yang satu ini tidak melulu hanya bermanfaat untuk mendinginkan suhu udara atau menghilangkan gerah saja? Melainkan, kipas angin juga bisa bermanfaat untuk hal-hal yang lainnya, seperti:

  1. Untuk membantu kita agar lebih mudah tidur di malam hari. Ada berbagai macam kipas yang bisa kita temukan di luar sana. Ada yang model berdiri, ada yang ditempatkan di atas meja disebut kipas angin duduk, dan ada juga yang di letakkan di langit-langit disebut ceiling fan.
    Ceiling fan bisa menghasilkan suara teratur dengan spektrum frekuensi yang seragam dan bermanfaat untuk membantu kita agar tidur lebih nyenyak. Ceiling fan banyak dimanfaatkan oleh para ahli kesehatan untuk mengatasi insomnia pada orang-orang yang kesulitan tidur di malam hari.
    Desiran lembut angin yang berasal dari ceiling fan menurut penelitian bisa membantu meningkatkan kualitas tidur sehingga kita pun akan bangun lebih segar di pagi hari.
  2. Membantu menghemat listrik. Ketika baling-baling kipas bergerak searah dengan jarum jam, hal tersebut akan menciptakan efek dingin. Biasanya, temperatur ruangan akan menjadi beberapa derajat lebih sejuk dibandingkan jika tidak ada kipas angin. Hal ini bisa membantu menghemat biaya AC hingga 40%.
  3. Memutar baling-baling kipas gantung (ceiling fan) bergerak berlawanan dengan arah jarum jam bisa bermanfaat untuk memberikan kehangatan, ketika cuaca sedang sangat dingin. Kipas di langit-langit yang berputar berkebalikan dengan arah jarum jam bermanfaat untuk mengalirkan udara hangat yang terperangkap di sekitar langit-langit. Dengan syarat, kipas tersebut harus bergerak perlahan untuk menghindari agar tidak menghasilkan angin yang dingin.
  4. Bermanfaat untuk mempercantik ruangan. Tidak sedikit orang yang memanfaatkan kipas sebagai salah satu dekorasi untuk mempercantik ruangan. Sehingga tidak mengherankan apabila beberapa jenis peralatan elektronik ini dibuat dan didesain sangat menarik.
  5. Bisa membantu menyingkirkan lalat dan nyamuk. Tidak banyak di antara kita yang menyadari bahwa kipas sangat bermanfaat untuk menyingkirkan lalat maupun nyamuk. Ketika kita tidur di malam hari ketika nyamuk sangat banyak, menyalakan kipas bisa membantu mengusir nyamuk nyamuk tersebut.
  6. Membantu menghasilkan sirkulasi udara yang baik. Banyak orang tua yang melarang kita menempatkan kipas di kamar bayi. Padahal menurut ahli kesehatan, menyalakan kipas di ruang bayi sangat bermanfaat untuk membantu memperbaiki sirkulasi udara. Sehingga bayi akan terhindar dari sindrom kematian mendadak. Syaratnya, kipas tersebut sebaiknya tidak mengarah langsung ke arah dimana bayi berada.
  7. Bisa memberikan pencahayaan yang indah dan fungsional. Ceiling fan atau kipas gantung yang fungsional dan biasanya dilengkapi dengan lampu, dapat dijadikan sebagai alternatif untuk memberikan pencahayaan yang indah di sebuah ruangan.

Tempat beli kipas angin yang murah dan lengkap

manfaat kipas angin air

Baca juga : Tips Mudah Menjadikan Rumah Sejuk Tanpa Harus Menggunakan AC dan Kipas Angin

Jika ingin membeli berbagai perlengkapan elektronik, saya secara pribadi menyarankan kamu berbelanja di toko online. Berdasarkan pengalaman selama bertahun-tahun, online shop merupakan tempat paling tepat untuk berbelanja jika ingin berhemat.

Bagi saya, Bukalapak merupakan toko online terfavorit yang sering saya kunjungi ketika membutuhkan sesuatu. Alasan mengapa saya menyukai online shop yang satu ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena:

Koleksi produk yang mereka miliki sangat lengkap, banyak fitur menarik seperti BukaCicilan dan juga BukaDana serta fitur Nego, harga yang mereka tawarkan pun rata-rata murah, banyak voucher gratis ongkos kirim dan voucher diskon yang bisa kita temukan hampir setiap hari dengan mengunjungi halaman promo.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password