6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendekor Kamar bagi Bayi

Anda pasti tak sabar untuk menghias kamar bayi saat menanti kelahiran anak. Berbagai macam aksesori lucu dan menggemaskan pasti ingin Anda tambahkan di berbagai penjuru sudut kamar.

Hal yang penting untuk Anda ingat saat mengatur kamar bayi adalah Anda tak bisa menyamakannya dengan kamar dewasa. Kamar bayi harus diatur agar nyaman sekaligus aman bagi bayi karena bayi masih rentan dan sensitif terhadap bahan-bahan kimia.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mendekorasi kamar bayi Anda.

 

Pilihlah gorden berbahan katun

Selain tidak akan menimbulkan alergi pada bayi, Gorden yang berbahan katun cenderung juga dapat menyerap panas. Sehingga kamar bayi tidak akan menjadi gerah.

Gorden sebaiknya dicuci setiap minggu agar terhindar dari penumpukan debu. Jika Anda menggunakan gorden yang menggunakan tali penarik, jauhkan tali tersebut dari jangkauan anak demi keamanan.

 

Gunakan cat antitoksin

Gunakan cat dinding yang bebas toksin dan ramah lingkungan. Cat yang bebas toksin biasanya berlabel free lead and mercury, serta memiliki green label.

Cat yang ramah lingkungan juga tidak mengandung timbal dan logam berbahaya yang aromanya menusuk hidung. Cat yang beraroma tajam berisiko mengganggu sistem pernapasan anak. Pilih cat yang mengandung antijamur dan mudah dibersihkan.

 

Gunakan lampu LED

Dibandingkan lampu neon yang meski hemat energi tapi tetap mengalirkan panas melalui uap, lampu LED lebih hemat energi dan tidak menyumbangkan panas.

Nyala lampu LED juga lebih lembut dan tidak mengganggu mata bayi. Gunakan dua lampu berbeda di kamar bayi. Satu lampu terang digunakan saat bayi masih bangun, sedangkan satu lampu temaram digunakan sebagai lampu tidur.

 

Gunakan seprai berbahan katun

Seperti gorden, pilihlah seprai yang halus dan berbahan katun sebagai alas ranjangnya. Jangan mudah tergiur dengan seprai yang dijual dengan harga murah karena biasanya seprai murah mudah koyak, kusut, dan menggumpal permukaannya. Seprai seperti ini justru dapat menyebabkan bayi susah tidur nyenyak dan tak nyaman.

 

Hindari terlalu banyak boneka di ranjang bayi

Jumlah boneka yang terlalu banyak dapat menyebabkan bayi susah untuk bergerak di dalam boksnya.

Telalu banyak boneka berbulu tebal di ranjang bayi juga dapat berisiko menimbulkan tungau pemicu alergi. Selain itu, penggunaan karpet di dalam kamar perlu diminimalisir karena karpet juga menyimpan debu dan tungau. Jika memang Anda ingin menggunakan alas karpet, bersihkan karpet 1-2 kali seminggu.

 

Jauhkan boks bayi dari jendela

Jangan letakkan boks bayi terlalu dekat dengan jendela, karena apabila ada sinar matahari yang langsung mengenai bayi dapat membuatnya dehidrasi dan sunburn.

Selain itu jika terlalu dekat jendela, bayi dapat meraih tali gorden atau ujung tirai dan menariknya, sehingga si bayi dapat tertimpa batang tirai.

 

Sumber : liputan6.com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password