5 Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Rumah Harus Anda Tahu

5 Manfaat Baking Soda

MyGriya – 5 Manfaat Baking Soda – Sebagai perempuan atau bahkan ibu-ibu pasti sudah tidak asing dengan benda satu ini, yakni baking soda. Baking soda biasanya dimanfaatkan ibu-ibu untuk membuat kue yang berfungsi sebagai pengembangnya. Tapi tahukah Anda bahwa baking soda ternyata tak hanya bisa digunakan untuk pengembang kue? Ya, baking soda bahkan bisa kita manfaatkan untuk keperluan perawatan dan pembersihan rumah.

Baking soda memiliki kandungan zat aktif yang bisa membuat kotoran yang menempel pada sebuah benda terangkat dengan mudah. Zat aktif inilah yang biasanya membuat adonan kue mengembang sempurna.

Lantas, apa saja manfaat baking soda untuk perawatan rumah tersebut? Berikut adalah manfaat baking soda untuk perawatan rumah yang perlu Anda tahu.

5 Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Rumah Harus Anda Tahu

Sebagai pembersih toilet

Seperti yang sudah dikatakan diatas, baking soda mengandung zat aktif yang berfungsi sebagai pengangkat kotoran yang menempel pada benda. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk membersihkan toilet. Bisa untuk dinding dan lantai keramik toilet atau bisa juga untuk kloset. Caranya cukup mudah, yakni dengan menaburkan bubuk baking soda pada area yang akan dibersihkan. Gosok menggunakan sikat untuk mengangkat kotoran yang menempel. Siram dengan air bersih untuk menghilangkan kotoranya. Alhasil, toilet akan kembali bersih seperti baru lagi.

Membersihkan alat-alat memasak

Alat memasak seperti panci, wajan atau yang lainnya memang rawan sekali kotor. Dan tak jarang kotoran tersebut sampai membentuk kerak dan sulit untuk dibersihkan. Nah, cara paling mudah untuk membersihkanya adalah dengan menggunakan baking soda ini. Caranya adalah dengan menaburkan bubuk baking soda pada alat masak yang ingin dibersihkan, lalu berikan sedikit air dan gosok dengan sikat atau alat pembersih lainnya.

Untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam kulkas

Tak hanya berfungsi untuk mengangkat kotoran yang menempel pada suatu benda, baking soda ternyata juga bisa berfungsi untuk penghilang bau yang tidak sedap. Salah satunya adalah bau tidak sedap di dalam kulkas. Taruh baking soda pada wadah terbuka, kemudian letakkan di dalam kulkas. Baking soda akan mencegah makanan terkontaminasi dengan bau yang tidak sedap dan menjaganya agar selalu dalam keadaan segar. Selain bau tidak sedap dalam kulkas, Anda juga bisa menaburkan baking soda pada tampat sampah di dapur untuk menghilangkan baunya yang tidak sedap.

Permbersih buah dan sayur

Baking soda juga bisa berfungsi untuk membersihkan noda dan kuman yang menempel pada buah serta sayur yang baru dibeli. Untuk caranya bisa dengan menyiapkan mangkuk besar yang diisi dengan air bersih. Campurkan ke dalamnya 2 sendok baking soda dan aduk hingga merata. Rendam buah dan sayur pada wadah tersebut dan nantinya noda dan kuman akan mengelupas dengan sendirinya.

Menghilangkan noda membandel di pakaian

Manfaat baking soda yang selanjutnya adalah bisa digunakan untuk menghilangkan noda membandel pada pakaian. Langkah ini bahkan bisa Anda lakukan saat mencuci menggunakan mesin cuci. Caranya adalah dengan mencampurkan baking soda sebanyak ¼ gelas dan campurkan dengan deterjen yang biasa Anda gunakan. Masukkan ke dalam mesin cuci dan cuci pakaian seperti biasanya. Noda membandel yang ada di pakian akan lebih mudah terangkat dengan adanya baking soda ini.

Itulah tadi beberapa menfaat baking soda untuk perawatan rumah yang perlu kamu tahu. Gunakan baking soda agar pekerjaan rumah lebih mudah untuk Anda jalankan. Rumah dan benda-benda di dalamnya akan bersih serta bisa menghemat tenaga.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password