Penting! 5 Cara Merawat Kulkas Agar Tidak Cepat Rusak

5 Cara Merawat Kulkas

Mygriya – 5 Cara Merawat Kulkas – Kulkas menjadi salah satu alat elektronik modern yang sudah sangat krusial sekali keberadaannya. Hampir di setiap rumah pasti ada alat elektronik satu ini di dalamnya, dimana letaknya biasanya di bagian ruang dapur.

Ini dikarenakan kulkas memang memberikan banyak manfaat kepada pemilik rumah, terutama untuk urusan penyimpanan bahan makanan. Bahan makanan tidak akan mudah basi atau busuk selama ada kulkas dalam rumah.

Tapi yang perlu diperhatikan, kehadiran kulkas di dalam rumah butuh yang namanya perawatan agar alat elektronik tersebut bisa awet dan tidak cepat rusak. Ada beberapa kiat untuk hal perawatan kulkas ini. Berikut ini adalah 6 cara merawat kulkas agar tidak cepat rusak dan awet harus Anda terapkan.

Penting! 5 Cara Merawat Kulkas Agar Tidak Cepat Rusak

Sebagai alat elektronik, kulkas memang butuh perawatan. Perawatan ini sendiri terdiri dari 3 tipe, yakni perawatan harian, perawatan mingguan dan juga perawatan enam bulanan. Tapi yang paling ditekankan disini adalah untuk perawatan hariannya. Hal sekecil apapun yang Anda lakukan terhadap kulkas, hal tersebut tetap akan berpengaruh terhadap kondisinya.

Mengenai cara merawat kulkas agar tidak cepat rusak dan awet, berikut informasi selengkapnya :

Rutin membersihkan kulkas dari debu dan kotoran

Cara perawatan pertama yang harus Anda lakukan adalah senantiasa menjaga kebersihan kulkas. Pastikan kulkas tidak tertempel debu dan kotoran, terutama bagian kompresor. Jangan sampai kompresor terlalu kotor karena debu yang menempel. Jika memang sudah terlalu kotor dan Anda tidak bisa membersihkannya sendiri, maka bisa meminta bantuan tukang service. Jika kompresor dibiarkan terlalu kotor dalam jangka waktu lama, maka kemungkinan kulkas akan cepat rusak. Pastikan sebelum membersihkan kompresor, matikan atau cabut terlebih dahulu kabel power dari stop kontak.

Mengatur kembali suhu kulkas setelah dibersihkan

Selanjutnya yang harus Anda lakukan agar kulkas awet dan tidak cepat rusak adalah dengan mengatur suhunya dengan tepat. Pengaturan suhu kulkas yang benar adalah dengan menyetting bagian freezer dengan suhu medium dan untuk refrigerator dengan suhu maksimum. Jika Anda mengatur suhu freezer dengan pilihan maksimum, maka hal tersebut akan mengurangi suhu pada bagian refrigeratornya.

Jangan mencungkil bunga es dengan benda tajam

Kebanyakan orang akan mencungkil bunga es dengan benda tajam untuk menghilangkannya. Mulai dari sekarang jangan lakukan hal ini, karena hal tersebut bisa saja membuat dasar freezer bolong dan membuatnya kurang maksimal menjaga suhu dingin. Cukup dengan mengatur suhu hingga 0 C agar bunga es cepat mencair.

Hanya memasukkan makanan atau bahannya dengan suhu normal

Mungkin Anda pernah menaruh makanan yang masih panas langsung ke dalam kulkas. Padahal, suhu panas dari makanan ini akan meningatkan level pendinginan dalam kulkas dan membuat aliran listrik yang masuk lebih banyak. Jika dilakukan secara terus-menerus maka bisa membuat kulkas cepat rusak.

Menaruh kulkas di tempat yang tepat

Untuk penempatan kulkas, pastikan tidak dekat dengan kompor. Hal ini dikarenakan suhu panas dari kompor akan membuat fungsi pendinginan pada kulkas jadi kurang maksimal. Selain itu, jika Anda menaruhnya di kitchen set, maka pastikan ada ruang longgar untuk jalannya sirkulasi udara. Biarkan ada sedikit ruang minimal 5 cm dari kulas.

Itulah tadi beberapa cara merawat kulkas agar tidak cepat rusak dan awet hingga dalam jangka waktu yang cukup lama. Tak akan ada benda di dunia ini yang bisa tahan lama jika tidak dirawat dengan baik. Sama halnya dengan kulkas, juga butuh perawatan yang tepat agar awet.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password