5 Cara Agar Rumah Sempit Terlihat Lega

rumah sempit

Permasalahan utama yang paling sering dialami saat ingin membeli atau membangun sebuah rumah di kota-kota besar adalah harga lahan yang cenderung mahal. Namun, sekarang Anda tak perlu khawatir dengan besar kecilnya lahan untuk rumah Anda. Sebab, ada beberapa trik untuk menyiasati agar ruangan-ruangan di dalam rumah sempit tetap terasa lebar secara visual.

Dikutip dari homestaging.about.com, Kamis (6/10/2016), beberapa penyesuaian sederhana pada rumah sempit Anda ternyata mampu mengubahnya menjadi tampak lebih lega. Berikut 5 cara agar Anda bisa menyulap rumah sempit Anda menjadi lebih nyaman.

Kurangi Furnitur
Furnitur memang merupakan bagian penting dalam dekorasi ruangan di dalam rumah. Akan tetapi, Anda perlu menyesuaikan keberadaan furnitur agar cocok dengan luas lahan rumah. Sebagian besar orang Indonesia tidak begitu baik dalam menyesuaikan furnitur dan luas lahan, sehingga rumah akan terlihat lebih sempit. Maka dari itu, furnitur yang sekiranya tidak penting sebaiknya disingkirkan agar Anda mendapatkan rumah yang lebih luas.

Tempat Tidur Kecil
Banyak orang yang menginginkan tempat tidur yang besar demi kenyamanan tidur, meskipun rumah mereka terbilang sempit. Sebaiknya, gunakanlah tempat tidur kecil agar Anda ruang yang lebih luas. Tempatkan tempat tidur di tengah-tengah ruangan di seberang pintu kamar. Kamar tidur dapat dipercantik dengan gorden putih, selimut, dan sarung bantal yang berwarna-warni, sehingga kamar Anda akan menjadi lebih luas.

Biarkan Cahaya Masuk dari Luar 
Untuk mengelabuhi mata dan membuat ruangan menjadi lebih besar dari sebenarnya, gunakanlah kaca ventilasi. Manfaatkan cahaya, baik dari dalam dan luar kamar untuk memperoleh kesan luas di dalam kamar. Anda dapat menempatkan lampu di atas meja di samping tempat tidur untuk mempermanis ruangan. Namun, pastikan lampu tersebut cocok dengan desain ruangan sehingga mampu menjadi pengalih perhatian.

Gunakan Cermin
Selain mampu menghasilkan cahaya, cermin juga dapat “menggandakan” ruangan sehingga nampak lebih luas. Dengan harga cermin yang biasanya cukup terjangkau, benda ini dapat digunakan untuk mengisi ruang-ruang kosong di tembok rumah. Apabila memiliki sentuhan seni, cermin bukan hanya akan mampu membuat lega rumah Anda secara visual, namun juga bisa menarik perhatian orang yang berkunjung.

Kerapian dan Kebersihan Ruangan Harus Dijaga
Ruangan akan tampak lega apabila ruangan tersebut bersih dan tertata rapi secara visual. Barang-barang kecil yang mengganggu pemandangan sebaiknya disingkirkan, dan disimpan di tempat yang tidak terlihat. Semakin sempit ruang rumah Anda, seharusnya membuat Anda lebih kreatif untuk menciptakan ruang simpan yang efektif.

 

Sumber : liputan6.com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password