Empat Tips Dekorasi Rumah Bebas Galau

tips dekorasi rumah bebas galau

Anda bisa jadi termasuk orang yang mudah terserang penyakit gundah alias galau saat ada masalah. Dibandingkan kepribadian orang lain yang ceria, cuek, bahkan ada yang terkesan slow alias santai, Anda justru sebaliknya.

Saat Anda menemui masalah sedikit dalam pekerjaan, Anda akan cepat merasa galau dan terus kepikiran. Apalagi jika yang dialami adalah masalah cinta, Anda mungkin akan merasakan galau yang berkepanjangan.

Kondisi rumah Anda sebenarnya dapat menenangkan sikap Anda yang terlalu sibuk memikirkan semua hal. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mulai ikuti tips-tips dekorasi rumah berikut agar suasana di rumah dapat menenangkan hati dan pikiran Anda dari kegalauan.

 

Tambahkan reading nook

rumah bebas galau reading nook

Nook merupakan area bersantai di luar kamar tidur. Nook bisa berupa dipan yang diletakkan di ruang tengah atau ruang sosial lainnya. Nook biasanya berukuran lebih kecil dari tempat tidur, tetapi lebih besar daripada sofa. Peletakannya biasanya di pinggir jendela atau di sudut ruangan.

Umumnya, nook digunakan sebagai pojok membaca (reading nook). Akan tetapi nook juga bisa digunakan untuk bersantai sejenak dari segala aktivitas.

Bagi Anda yang mudah merasa galau biasanya butuh tempat untuk menyendiri. Nook dengan desain dan tekstur yang lembut akan mudah membuat Anda merasakan kenyamanan saat menyendiri. Menghabiskan waktu di tempat ini akan membuat hati dan pikiran Anda menjadi lebih tenang sekaligus mengurangi rasa cemas.

 

Gunakan warna dingin untuk dekorasi ruangan

rumah bebas galau - warna dingin

Ada beberapa macam warna yang termasuk warna hangat dan dingin. Warna hangat terdiri dari warna-warna terang seperti merah, jingga, atau merah muda. Sedangkan warna dingin didominasi warna-warna yang memberikan efek menyejukkan seperti biru atau hijau. Warna dingin memiliki efek menenangkan pikiran.

Warna dingin cocok untuk Anda yang memiliki kepribadian yang mudah galau karena Anda cenderung membutuhkan kesejukan dan ketenangan dalam pikiran Anda. Warna dingin dapat membantu Anda menyelesaikan masalahnya secara logis, sementara warna hangat justru akan membuat Anda semakin terbuai mimpi dan perasaan.

Oleh karena itu, gunakan warna dingin seperti biru dan hijau pada dekorasi rumah Anda. Warna-warna dingin ini bisa diterapkan pada cat dinding, wallpaper, atau bantal sofa.

 

Tambahkan taman mini atau terrarium

rumah bebas galau - terrarium

Taman mini maupun terrarium saat ini menjadi tren karena lahan terbuka yang semakin minim.

Jika Anda tinggal di apartemen, Anda tak perlu cemas kekurangan lahan untuk tanaman hijau. Anda dapat membuat taman mini yang sederhana, contohnya berupa taman kering di dalam pot, atau yang saat ini sedang tren adalah terrarium.

Terrarium merupakan seni merangkai tanaman berukuran mini di dalam toples atau akuarium. Jadi, terrarium ini juga bisa dijadikan sebagai pajangan di dalam rumah.

Anda dapat berkonsultasi pada tukang kebun untuk pengaturan komposisi tanamannya. Dengan adanya tanaman di dalam rumah, Anda akan tetap sibuk mengurus tanaman sehingga rasa galau pun akan berkurang. Keberadaan taman mini yang indah dan menyegarkan juga dapat menenangkan pikiran dari kegalauan.

 

Buatlah dapur yang terbuka

rumah bebas galau dapur terbuka

Dapur yang terbuka dapat memberikan kesan lapang, sehingga kesan “terperangkap” di dalamnya akan berkurang dan mood akan membaik.

Saat ini dapur sering didesain sangat mini, dikarenakan luas tempat tinggal yang terbatas. Bahkan banyak juga yang menggabungkan dapur dengan ruang makan dalam satu ruangan. Jika dapur Anda memang seperti ini, pastikan terdapat jendela besar pada dapur yang mengarah ke luar rumah.

Dengan memandang suasana di luar rumah saat memasak atau makan, pikiran Anda akan menjadi lebih rileks.

 

Selain 4 tips di atas, dengan mengandalkan udara yang bersih dan sehat di dalam rumah, suasana di dalamnya bisa pikiran Anda yang mudah galau menjadi lebih tenang. Anda bisa menggunakan air purifier agar udara di ruangan menjadi selalu bersih, sehat dan nyaman.

air purifier untuk rumah bebas galau

 

Sumber : liputan6.com

1 Comment

    Leave a Comment

    Login

    Welcome! Login in to your account

    Remember me Lost your password?

    Lost Password