Penting! Inilah 4 Penyebab Kebakaran Rumah yang Sering Terjadi

penyebab kebakaran rumah

Penyebab Kebakaran Rumah – Berdasarkan data yang dihimpun oleh BNPB pada periode 2011-2015, terdapat kebakaran pemukiman sekitar 978 kasus di seluruh Indonesia. Untuk mengurangi (bahkan semoga bisa menghilangkan) kemungkinan kebakaran terjadi, Anda harus memahami resiko terbesar yang menyebabkan munculnya api di rumah Anda. Melalui artikel ini, kami akan merangkum bahaya terbesar yang ditimbulkan oleh api.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas Udara Rumah dengan Cara Sederhana Ini!

4 Penyebab Kebakaran Rumah yang Sering Terjadi

  1. Meninggalkan alat masak di atas kompor yang menyala

kompor yang menyala

Kasus ini adalah masalah kebiasaan. Sebagai contoh, Anda menyalakan kompor untuk merebus ayam, lalu meninggalkannya hanya untuk sekadar mandi. Bayangkan apa yang akan terjadi jika setelah selesai mandi, Anda masih harus dandan, lalu menerima telepon dari teman, dan lupa dengan air rebusan di kompor! Meski Anda seorang master chef sekalipun, jangan pernah meninggalkan kompor yang menyala, walau hanya sebentar saja!

  1. Alat elektronik yang tidak berfungsi maksimal

Terkadang, Anda mengabaikan suara pecah yang berasal dari lampu meja, atau kerlipan yang datang dari lampu utama. Padahal, suara dan kerlipan tersebut adalah indikator pertama yang menunjukkan adanya ketidakberesan pada lampu tersebut. Membiarkannya untuk waktu yang lama, bisa meningkatkan resiko api di rumah Anda. Berikan perhatian Anda untuk mengecek apakah ada bahaya percikan api yang kemungkinan bisa muncul dari instalasi listrik tersebut.

  1. Colokan listrik yang melebihi kapasitasnya

Colokan listrik yang melebihi kapasitasnya

Semua colokan listrik pasti memiliki buku panduan pemakaian yang menerangkan berapa maksimal voltage yang harus dipatuhi. Jika colokan listrik tersebut hanya memiliki tiga lubang, gunakanlah tiga colokan tersebut sesuai dengan kapasitas daya maksimum yang ada di colokan tersebut. Jangan tambahkan adaptor pada colokan tersebut, karena akan berakibat pada kelebihan daya listrik dan berpotensi menimbulkan bahaya percikan api.

  1. Dapur yang dibiarkan berantakan

Dapur yang dibiarkan berantakan

Tetaplah jaga kebersihan dan kerapian ruang dapur Anda. Janganlah menaruh lap kain di sekitar kompor karena akan sangat berbahaya. Hanya perlu sedikit percikan api untuk membuat lap Anda terbakar dan menimbulkan kepanikan di ruang dapur. Aturlah kebersihan dan kerapian dapur Anda, atau bahkan Anda bisa menambahkan fitur-fitur keamanan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Itulah ulasan singkat yang bisa Anda jadikan acuan untuk menghindari rumah dari bahaya kebakaran. Usahakan untuk menambah fitur keamanan berupa alat pendeteksi kebakaran. Taruhlah alat tersebut di ruang-ruang penting seperti dapur, ruang keluarga, hingga garasi. Apalagi jika di garasi Anda terdapat mobil mewah seperti Toyota Fortuner. Spesifikasinya yang tangguh dan canggih, tentu harus dijaga agar tak terjadi hal-hal buruk pada Fortuner yang Anda simpan di ruang garasi. Belum lagi desain eksterior dan interiornya yang berkualitas premium. Perhatian ekstra harus Anda berikan untuk ruang garasi, terutama faktor keamanan dari bahaya kebakaran dan tindak pencurian.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password