Warna Cat Kamar dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Tidur

Warna Cat

Mygriya.com – Warna cat kamar tidur biasanya dipilih berdasarkan selera orang yang menggunakan kamar tersebut. Contohnya kamar perempuan yang biasanya identik dengan warna-warna terang seperti pink atau merah, sedangkan kamar tidur laki-laki lebih cenderung ke warna-warna gelap seperti hitam atau abu-abu. Tapi, tahukah kamu bahwa warna cat kamar tidur mempunyai arti tertentu dan dapat memengaruhi lama waktu dan kualitas tidurmu?

Travelodge (sebuah situs pencari hotel dan penginapan murah) melakukan sebuah penilitian untuk mengetahui pengaruh warna cat tembok terhadap kualitas tidur. Penelitian ini melibatkan 2000 orang dan kamar-kamar yang memiliki warna cat berbeda. Berdasarkan penelitian itu, diperoleh lama waktu tidur yang berbeda untuk warna cat kamar berbeda. Berikut ini penjelasan beberapa warna paling berpengaruh terhadap kualitas tidurmu.

Biru

Pemilik kamar dengan warna cat biru ternyata memiliki jam tidur yang lebih lama dan kualitas tidur yang lebih baik daripada warna lainnya. Berdasarkan penelitian, orang yang dinding kamarnya berwarna biru bisa tidur hingga 7 jam 52 menit. Hal ini disebabkan oleh reseptor khusus pada retina mata (ganglion) sangat sensitif terhadap warna biru. Sel inilah yang bertugas menyampaikan informasi ke otak yang mengontrol tubuh selama 24 jam. Selain itu, warna biru juga sering dikaitkan dengan perasaan tenang.

Kuning

Warna cat selanjutnya yang bisa menghasilkan kualitas tidur yang baik adalah warna kuning. Berdasarkan penelitian, warna cat kuning mampu memberikan waktu tidur hingga 7 jam 40 menit. Warna ini dianggap menenangkan sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Cokelat

Saat memilih warna cat untuk kamar tidur, kamu sebaiknya menghindari warna-warna gelap atau yang cenderung suram seperti warna cokelat. Kedua warna ini bisa mengurangi waktu tidurmu dan menurunkan kualitas tidur karena hanya memberikan waktu tidur sebanyak 6 jam 5 menit.

Ungu

Berdasarkan penelitian, ungu merupakan warna yang paling tidak cocok di kamar tidur. Warna cat ungu memberikan kontribusi paling sedikit untuk kualitas tidur. Kamar dengan warna cat ungu hanya memberikan waktu tidur selama 5 jam 56 kepada orang yang tidur di dalamnya. Hal ini disebabkan warna ungu cenderung dapat meningkatkan kreativitas dan kecerdasan, sehingga otak akan sulit untuk beristirahat dengan nyaman. Suzy Chiazzari, seorang ahli terapi holistik dan konsultan interior desain, mengatakan bahwa warna ungu bisa merangsang kreativitas dan pikiran bawah sadar. Kalau kamu penggemar warna ungu, sebaiknya jangan mengecat kamar tidurmu dengan warna ini ya!

Berikut ini adalah urutan warna kamar tidur dengan lama waktu tidur yang bisa kamu dapatkan:

  1. Warna biru : 7 jam 52 menit
  2. Warna kuning : 7 jam 40 menit
  3. Warna hijau : 7 jam 36 menit
  4. Warna perak : 7 jam 33 menit
  5. Warna jingga : 7 jam 28 menit
  6. Warna merah : 6 jam 58 menit
  7. Warna emas : 6 jam 43 menit
  8. Warna abu-abu : 6 jam 12 menit
  9. Warna coklat : 6 jam 5 menit
  10. Warna ungu : 5 jam 56 menit

Baca juga : Ketahui Pengaruh Warna Dinding Terhadap Mood Anda

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password