Tips Memilih Sofa Terbaik untuk Rumah Minimalis

Tips Memilih Sofa Terbaik untuk Rumah Minimalis

Mygriya.com – Sofa sudah menjadi pilihan yang sangat umum untuk diletakkan dalam rumah, dan penggunaannya pun bukan hanya untuk alasan fungsional, nilai estetis, faktor kenyamanan, dan pengaruh terhadap tampilan interior juga merupakan faktor penting yang sering menjadi pertimbangan untuk memilih sofa terbaik untuk melengkapi desain interior rumah minimalis Anda.

Salah satunya faktor kenyamanan , Anda harus mengetahui kebiasaan, seberapa sering nantinya sofa diduduki, serta penempatan sofa tersebut. Selain itu, Anda pikirkan pula luas ruangan dan ukuran sofa yang ingin Anda pilih nantinya. Tentu saja, tampilan ruangan tidak akan proporsional bila sofa yang terlalu besar jika diletakkan dalam ruangan dengan luas yang terbatas. Dengan mempertimbangkan luas ruangan, jenis sofa juga dapat ditentukan, entah yang berjenis two-seater maupun sectional sofa.

Baca Juga : 4 Tips Menciptakan Rumah Sehat dan Nyaman

Memilih sofa terbaik juga harus memperhatikan postur dan lekuk tubuh supaya Anda merasa nyaman saat duduk dan menghabiskan waktu di sofa. Untuk posisi sofa terbaik, saat duduk pastikan kaki Anda tidak menggantung, bagian dalam lutut hingga pinggul menempel pada dudukan sofa, dan pinggul hingga kepala bisa menempel pada sandaran sofa.

Berikutnya, yang tak boleh Anda lewatkan yaitu memeriksa struktur dan konstruksi sofa. Sekalipun hal ini sulit dilakukan, setidaknya Anda bisa bertanya terlebih dahulu mengenai bahan dan mekanisme gerak kursi yang nantinya dapat mempengaruhi kenyamanan. Selain memeriksa struktur dan konstruksi sofa, permukaan luar dari sofa juga merupakan faktor penting lainnya yang perlu Anda perhatikan.

Bagian luar sofa yang dimaksud adalah pelapis atau upholstery sofa. Biasanya, terdapat dua material yang sering digunakan, yaitu kulit dan kain. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kulit pun juga ada yang imitasi dan asli, sementara kain memiliki beragam bahan, seperti katun atau beludru. Sofa dengan material kulit tentunya memberi kesan mewah, tetapi dapat retak bila terdapat perubahan suhu yang ekstrem. Sebaliknya, sofa bermaterial kain lebih tahan terhadap suhu, tetapi mudah menyimpan debu karena pori-porinya yang lebar.

Meski ukuran nyaman berbeda-beda bagi setiap orang, berbagai faktor di atas dapat Anda jadikan referensi saat mencari sofa terbaik untuk rumah minimalis Anda.

DAPATKAN Design INTERIOR Gratis!

Caranya sangat mudah, isi form di bawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password