Tips Membuat Taman Vertikal di Rumah yang Mudah

tips membuat taman vertikal

MyGriya – Untuk membuat taman vertikal ini memang tidak mudah, sebab bentuknya yang berbeda dari desain taman yang ada pada umumnya. Tetapi demikian, dengan cara dan tips membuat taman vertikal yang tepat, maka membuat taman vertikal bukan hal yang sulit lagi. Kira – kira apa saja sih tips yang harus Anda perhatikan pada saat ingin buat taman vertikal di rumah? Mari simak beberapa tips – tipsnya di bawah ini.

Baca juga : Contoh Desain Taman Bunga untuk Halaman Depan Rumah Masa Kini

Tips Membuat Taman Vertikal di Rumah yang Mudah

Memilih tema yang Anda sukai

Pada saat Anda memilih tema untuk taman vertikal di rumah, ada baiknya disesuaikan dengan tema desain rumah Anda. Ada beberapa tema taman vertikal yang bisa dipilih, seperti tema modern, klasik, tradisional, tema minimalis dan tropis. Selain tema, hal lainnya yang harus diperhatikan adalah pemilihan tanaman.

Menentukan dinding yang pas dibuat taman

Mulailah dengan memilih dinding rumah yang pas untuk diubah jadi taman vertikal dengan berbagai tema, misalkan saja taman dengan tema minimalis. Apabila Anda memang memiliki dinding yang kurang bagus, tetapi terpapar sinar matahari yang cukup, maka Anda bisa memilih dinding tersebut. Pilih juga dinding yang dirasa kuat untuk menopang beban tanaman yang nanti akan dijadikan taman vertikal.

Memilih tanaman secara cermat

Pilih tanaman yang tahan terhadap cuaca dan iklim. Sebisa mungkin hindarilah menanam tanaman merambat, sebab saat tumbuh akan sulit dikendalikan arah pertumbuhannya dan bisa saja semakin meluas kemana – mana. Tanaman jenis semak serta bisa hidup dalam waktu lama sangat dianjurkan.

Membuat frame sesuai ukuran dinding taman

Tips berikutnya adalah membuat struktur dasar dari sebuah taman veritikal, yakni frame. Frame tersebut merupakan rangka yang nanti akan menopang plastik, kain, dan tanaman. Mengurus taman vertikal memang gampang – gampang susah. Agar Anda tidak repot, ukuran semua ukuran rangka secara tepat agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan ke depannya.

Memasang terpal plastik

Sebelum memasang frame ke dinding, pastikan Anda sudah memiliki bahan terpal plastik. Terpal plastik ini nanti akan dipasangkan untuk melapisi dinding rumah Anda sebelum frame dipasangkan didinding untuk melindungi dinding rumah dari masuknya akar tanaman dan merembesnya air.

Nah, itulah beberapa tips membuat taman vertikal di rumah yang mudah bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password