Tips Membuat Rumah Tahan Banjir Dengan Budget Minimalis

Tips Membuat Rumah Tahan Banjir

MyGriya.com – Siapa saja tak ingin jika rumahnya terkena serangan banjir. Hanya saja terkadang lingkungan, gaya hidup masyarakat, serapan yang semakin menurun dan masih banyak aspek lainnya menimbulkan terjadinya bencana banjir di lingkungan kita. Karena itu jika tak mau terusik dengan kondisi lingkungan yang seperti ini, membuat rumah tahan banjir merupakan salah satu tindakan preventif yang bisa dilakukan.

Hanya saja, membuat rumah tahan banjir tidak mudah. Apalagi jika kita membangun rumah dengan budget minimalis. Buat Anda yang saat ini tengah membangun rumah dan ingin agar rumah yang terbangun tersebut adalah rumah tahan banjir, berikut beberapa tips membuat rumah tahan banjir dengan budget minimalis yang dapat Anda lakukan. Cek informasi lengkapnya di bawah ini!

Tips Membuat Rumah Tahan Banjir Dengan Budget Minimalis

Cek saluran pembuangan

Tips Membuat Rumah Tahan Banjir

Agar air tidak tergenang ketika hujan tiba, ada baiknya Anda periksa saluran pembuangan air di rumah. Periksa dengan seksama apakah didalam selokan terdapat sampah yang menyumbat pergerakan air atau tidak. Jika memang ada segera bersihkan supaya tidak rawan banjir ketika terjadi hujan.

Baca juga : Kena Banjir? Kamu Wajib Periksa 3 Bagian Rumah Ini

Buatlah biopori

Tips Membuat Rumah Tahan Banjir

Cara untuk membuat biopori sebenarnya mudah. Yang pertama Anda perlu buat lubang dengan kedalaman 100 cm. Selanjutnya isi lubang dengan sampah organik atau sisa tanaman. Supaya kuat mulut lubang bisa Anda berikan semen 2 – 3 cm dengan tebal 2 cm. Biaya membuat biopori mungkin akan menghabiskan dana sekitar 200 ribu rupiah.

Tanam tanaman penyerap air

Tips Membuat Rumah Tahan Banjir

Menanam tanaman penyerap air juga bisa dijadikan sebuah solusi untuk mengurangi dampak banjir. Beberapa jenis pohon yang dikenal dapat menyerap air dengan baik seperti pohon bambu, pohon jati, rumput akar wangi, mahoni, jabon, asam jawa sampai dengan palem putri dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan tentang tips membuat rumah tahan banjir dengan budget minimalis. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda semua.

DAPATKAN Design INTERIOR Gratis!

Caranya sangat mudah, isi form di bawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password