Tak Punya Lahan untuk Membuat Taman? Taman Vertikal Solusinya

Taman Vertikal

Mygriya.com – Jika kamu tak memiliki lahan yang cukup di rumah atau apartemenmu untuk dijadikan taman, taman vertikal atau vertical garden bisa menjadi solusi. Desain taman vertikal tidak memerlukan banyak ruang oleh karena itu dapat dibuat dalam berbagai gaya sesuai kebutuhanmu. Untuk membuat landscape taman vertikal, tentu memerlukan media tanam yang berbeda dengan taman pada umumnya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat taman vertikal

  1. Tiang atau konstruksi penyangga harus sekuat mungkin sehingga taman tidak akan ambruk. Kamu bisa memanfaatkan dinding beton yang kuat, pagar besi, atau sengaja dibuat sendiri dari tiang beton ataupun tiang besi.
  2. Frame atau bingkai atau pada taman biasa disebut lahan. Frame bisa berupa tembok, anyaman kawat, pralon atau bahan-bahan lain yang bisa digunakan untuk menempatkan media tanaman.
  3. Media tanaman untuk taman vertikal tidak jauh berbeda dengan taman biasa. Untuk menempatkan media tanaman, kamu bisa menggunakan pot bersusun, pralon, atau botol bekas minuman ringan.
  4. Jenis tanaman tertentu tidak cocok untuk taman vertikal. Jika taman vertikal berupa indoor garden, tanaman yang cocok di luar ruangan tentu tidak bisa tumbuh dengan baik. Begitupun sebaliknya jika taman berupa outdoor garden.
  5. Penyiraman dan pemupukan pada vertical garden sebaiknya dibuat otomatis dengan cara menghubungkan setiap tanaman dengan selang-selang yang akan mengalirkan air dan pupuk. Hanya dengan membuka kran selama beberapa menit atau detik semua tanaman sudah mendapat pasokan air ataupun pupuk secara merata.
  6. Kelemahan vertical garden adalah dari segi pencahayaan sinar matahari karena posisinya yang tegak. Jadi, pilihlah jenis tanaman yang tidak memerlukan banyak sinar matahari.

Ide desain taman vertikal 

Nah, berikut ada beberapa ide vertical garden yang bisa membantumu dalam membuat sebuah taman yang akan memperindah rumahmu.

Yang pertama adalah taman vertikal dengan kawat penyangga. Kawat disusun sedemikian rupa sehingga menjadi tempat untuk meletakan media tanaman.

Taman Vertikal kawat penyangga

Kamu juga bisa menggunakan kaleng bekas yang ada di rumahmu sebagai media tanam.

Taman Vertikal kaleng

Atau gunakan botol bekas.

Taman Vertikal botol

Bisa juga menggunakan plafon.

Taman Vertikal plafon

Media tanam yang murah bisa kamu wujudkan hanya dengan menggunakan kantong serbaguna atau tempat sandal.

Taman Vertikal tempat sandal

Punya sepatu yang sudah tak terpakai? Nah, sekarang kamu bisa mengubahnya jadi pot bunga dadakan.

Taman Vertikal sepatu

Siapa bilang menanam menggunakan media tanam pot sudah biasa? Pot dihias sedemikian rupa bisa menjadi indah seperti ini.

Taman Vertikal pot

Ingin punya vertical garden yang indah dan menarik? Kamu bisa membuat taman layaknya lukisan dengan bunga warna-warni yang ditanam di dalamnya.

Taman Vertikal lukisan

Bahkan topi bekas pun bisa jadi solusi media tanam. Taman vertikal pun menjadi telihat unik dan menarik.

Taman Vertikal topi

Jadi sekarang kamu sudah tahu kan, untuk menciptakan taman tak perlu memerlukan lahan yang luas. Semoga informasi mengenai taman vertikal ini bisa memberimu inspirasi untuk menambah sentuhan hijau di rumahmu. Selain lebih segar dan sejuk, rumahmu juga akan enak dipandang.

Baca juga : Tips Desain Taman Mungil di Area Rumah

DAPATKAN Design INTERIOR Gratis!

Caranya sangat mudah, isi form di bawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password