Ketahui Pengaruh Warna Cat Dinding Terhadap Mood Anda

cat dinding

Tahukah Anda bahwa setiap warna bisa mempengaruhi suasana hati? Begitu pula jika warna cat dinding yang diaplikasikan pada ruangan-ruangan di rumah Anda.

Seperti yang kita ketahui, berbagai macam kombinasi atau skema warna cat dinding telah sering digunakan. Contohnya warna kombinasi biru dan putih yang banyak digunakan. Lalu ada juga warna kuning yang dikombinasikan dengan hitam.

Desainer interior Vanessa Arbuthnott mengungkapkan rahasia dibalik delapan warna cat dinding dan pengaruh warna-warna tersebut terhadap aspek psikis Anda.

 

Biru

Cat dinding berwarna biru memiliki sifat proteksi, kecerdasan dan ketenangan. Warna ini sangat cocok diaplikasikan pada kamar tidur dan ruang kerja.

Kelebihan: Warna biru dapat meningkatkan produktifitas dan kecerdasan. Siswa akan cenderung meraih nilai ujian yang lebih tinggi jika belajar di ruangan berwarna biru.

Kekurangan: Jika terlalu mendominasi, warna biru ternyata dapat membawa kesan dingin dan membuat orang merasa tidak nyaman. Sehingga Anda sebaiknya mengombinasikan warna biru dengan warna muda lainnya.

 

Hijau

Hijau mencerminkan kesan alam, keseimbangan dan kemakmuran. Anda dapat mengecat ruang kamar tidur dengan warna ini .

Kelebihan: Warna hijau membawa nilai positif berkaitan dengan ketenangan alam, sehingga cocok diterapkan di kamar tidur. Oleh karena itu, dinding berwarna hijau dipercaya dapat mencegah mimpi buruk.

Kekurangan: Sayangnya, jika warna hijau terlalu banyak diaplikasikan, hal ini dapat membuat orang yang memandangnya lama-kelamaan menjadi malas, moody, depresi dan lesu.

 

Kuning

Kuning merupakan warna cerah yang dapat membawa kesan enerjik, kebahagiaan dan peringatan ke dalam ruangan. Kuning cocok diterapkan pada dinding ruang dapur dan kamar mandi.

Kelebihan: Warna kuning pada dinding dapat menciptakan rasa semangat serta membangkitkan rasa optimis dan percaya diri.

Kekurangan: Ternyata warna kuning yang dominan dapat menimbulkan rasa stres, sehingga hindari pengaplikasiannya di kamar tidur Anda. Warna kuning pada dinding kamar tidur dipercaya dapat membuat bayi lebih sering menangis .

 

Oranye

Warna oranye mencerminkan rasa sosial, hiburan dan kehangatan. Warna ini cocok diaplikasikan pada dinding ruang tamu dan ruang makan Anda.

Kelebihan: Warna oranye sering diterapkan pada beberapa merek pakaian olahraga karena dapat membuat orang ingin bergerak dan juga membangkitkan motivasi.

Kekurangan: Di Amerika Serikta, warna oranye ternyata sering dianggap sebagai warna yang negatif dan sering dikaitkan dengan seragam tahanan yang dipenjara. Oranye juga kerap dihubungkan dengan kostum halloween.

 

Merah

Warna ini dipercaya dapat memicu gairah, rasa optimistis dan jiwa berpetualang. Sehingga warna merah sangat pas digunakan pada kamar tidur dan ruang makan.

Kelebihan: Warna merah dijamin dapat meningkatkan percikan asmara. Namun Anda perlu berhati-hati, warna merah yang terlalu banyak sering berkaitan dengan hal berbahaya. Untuk itu, warna ini punya dua sifat yang bertentangan.

Kekurangan: Survei terbaru menyatakan bahwa kebanyakan pengendara mobil berwarna merah, termasuk wanita, mengaku sering merasa agresif ketika mengendarai mobilnya.

 

Merah muda

Merah muda atau pink sangat pas digunakan pada dinding kamar tidur karena sifatnya yang memberi rasa tenang, manis dan kasih sayang.

Kelebihan: Warna ini dipercaya dapat meredam rasa marah dan kekerasan. Berdasarkan studi terbaru yang dilakukan di Amerika Serikat, para terpidana penjara akan terlihat lebih tenang ketika diekspos dengan warna dinding berwarna merah muda.

Kekurangan: Jika warna merah muda terlalu mendominasi, seseorang akan cenderung merasa kekanakan dan lemah. Untuk itu sebaiknya warna ini bisa diimbangi dengan sentuhan hitam atau abu-abu.

 

Ungu

Warna ungu dikaitkan dengan rasa kreatif, spiritual dan misterius. Ruang kamar tidur dan kamar mandi dapat Anda cat dengan sentuhan warna ini.

Kelebihan: Warna ungu terbukti menjadi warna paling spiritual dan sering diasosiasikan dengan titik diantara bumi dan surga. Sehingga tidak heran jika para spiritualis sering memilih warna ini.

Kekurangan: Warna ungu yang terlalu banyak dan mendominasi dapat memicu perasaan depresi.

 

Abu-abu dan Hitam

Warna gelap ini ternyata dapat memberi rasa proteksi, formal dan kekuatan. Warna ini cocok untuk diaplikasikan pada ruangan manapun yang butuh perombakan.

Kelebihan: Warna hitam dapat meningkatkan kontrol diri, disiplin, dan kemandirian. Warna ini juga memberi impresi kekuatan dan kuasa.

Kekurangan: Warna hitam yang terlalu dominan dapat menyebabkan depresi dan pergantian suasana hati yang cepat (mood swing). Oleh karena itu, warna hitam sebaiknya dikombinasikan dengan warna putih sehingga bisa menciptakan atmosfer yang seimbang.

 

Sumber : rumah.com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password