Memilih Rumput yang Tepat untuk Halaman Rumah

Memilih Rumput yang Tepat untuk Halaman Rumah

Saat Anda merencanakan sebuah taman di halaman rumah, memilih rumput merupakan salah satu hal yang penting. Taman di halaman rumah akan terasa kurang sempurna jika tidak ada rumput. Rumput tak hanya sebagai penutup tanah, namun keindahan tekstur dan warna rumput mampu menjadi elemen dekoratif yang dapat tampilan taman rumah menjadi lebih cantik.

Dalam memilih rumput, ada banyak jenis rumput yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Beberapa di antaranya mungkin familiar di telinga Anda berkat kepopulerannya, seperti rumput gajah dan rumput jepang.

Tapi Anda tak bisa sembarangan dalam memilih rumput taman, karena setiap jenis rumput mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Jadi, dalam memilih rumput sebaiknya Anda menyesuaikannya dengan karakter atau tipe taman di rumah Anda.

Berikut beberapa pilihan rumput yang bisa digunakan untuk menghias halaman rumah Anda, seperti yang dikutip dari Rumah.com.

 

Rumput Gajah

Rumput gajah memiliki keunggulan yaitu harganya yang terjangkau dan bisa bertahan hidup di mana saja bahkan di tempat yang kekurangan air. Rumput gajah sangat populer digunakan sebagai penghias taman, terutama varietas rumput gajah mini.

Dibandingkan jenis rumput yang lain, rumput gajah mini memiliki daun yang kecil dan dapat bertahan hidup di daerah yang minim cahaya matahari. Anda dapat memilih rumput gajah untuk taman dalam atau luar bangunan. Rumput gajah  juga cocok untuk taman berkebun.

rumput gajah mini
Rumput gajah mini cocok untuk daerah yang minim matahari

 

Rumput Jepang

Jenis rumput ini mempunyai daun yang kecil, halus dan memanjang. Rumput gajah memerlukan sinar matahari yang cukup supaya bisa tumbuh sempurna.

Agar terlihat rapi, pemangkasannya harus rutin yaitu minimal sebulan sekali serta diberi pupuk urea minimal 2 minggu sekali. Hal ini dikarenakan rumput jepang yang terlalu rimbun akan menghambat sinar matahari sampai ke bagian bawah, sehingga rumput pun akan menguning.

Rumput Jepang
Rumput jepang harus rutin dipangkas minimal sebulan sekali

Rumput Peking

Rumput peking bisa bertahan pada cuaca dingin. Untuk harganya, rumput ini tergolong mahal karena memiliki tampilan yang rapi sehingga menambah kesan mewah rumah.

Rumput peking memiliki karakteristik yang hampir sama dengan rumput jepang. Bedanya, rumput peking memiliki tekstur daun yang lebih jarang dan lebih halus.

Jika rumah Anda mengadopsi gaya desain Jepang, Anda bisa memilih rumput ini. Jenis rumput ini juga cocok untuk taman halaman depan yang tidak dilalui orang, atau taman di dalam rumah. Bisa juga untuk menghias pinggir kolam ikan.

rumput peking
Rumput peking memiliki tampilan yang rapi sehingga menambah kesan mewah

 

Rumput Swiss

Rumput ini mempunyai daun yang paling halus dibanding jenis rumput lainnya. Rumput Swiss cocok digunakan pada halaman rumah terbuka yang cukup terkena sinar matahari. Jenis rumput ini juga cocok untuk taman yang tidak dilalui orang.

Perawatan rumput Swiss terbilang cukup rumit. Rumput ini memerlukan pencahayaan matahari sekitar 80%. Pemangkasan dilakukan minimal satu bulan sekali, pemupukan harus menggunakan pupuk urea, dan tidak boleh dibiarkan lembap agar menghasilkan rumput yang baik.

Rumput Swiss
Rumput Swiss cocok untuk halaman rumah terbuka yang terkena matahari yang cukup

 

Rumput Golf

Rumput golf mempunyai daun yang lebih pendek dibandingkan jenis rumput lain. Rumput ini cocok untuk taman terbuka di daerah tropis.

Rumput ini sangat menawan dan rapi, namun perawatannya juga cukup rumit karena memerlukan sinar matahari yang cukup dan tidak tahan injak. Rumput juga harus dipotong minimal dua minggu sekali.

Jika ingin memilih rumput golf untuk menghias halaman rumah, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu pada ahli lanskap. Sebab, rumput golf tidak dapat tumbuh di tempat yang sembarangan.

rumput golf
Rumput golf cocok untuk taman terbuka di daerah tropis

Baca juga : Tips Praktis Merancang Taman Atap Rumah Anda

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password