Tak Punya Lahan Lebih? Kamu Juga Bisa Memelihara Tanaman di Kamar Mandi

Taman Kamar Mandi

Mygriya.com – Saat tak ada lahan lebih di rumah untuk membuat taman, kita pun biasanya akan mengesampingkan keinginan untuk memiliki suasana asri di rumah. Bahkan jika ada sedikit lahan kosong, kebanyakan orang menjadikannya sebagai ruangan tambahan atau mungkin garasi. Namun, sebenarnya memelihara tanaman tak perlu di halaman rumah kok. Tanaman bisa dipelihara di dalam rumah, bahkan di dalam kamar mandi. Apalagi kalau kamar mandi di rumahmu ada jendela yang bisa memungkinkan cahaya matahari untuk masuk ke dalam ruangan.

Berikut panduan lengkap cara mewujudkan taman kamar mandi ini, yang dikutip dari Rumah.com.

1. Manfaatkan Area Jendela

Pastikan di kamar mandimu terdapat jendela yang ukurannya cukup besar dan dapat terkena sinar matahari langsung dari luar. Kamu bisa menanam tanaman di dalam pot dan meletakkannya di area dekat jendela atau di bingkainya.

Dengan begitu, kamu tak perlu membawa tanaman ke luar rumah karena kebutuhan tanaman akan sinar matahari sudah tercukupi di area ini. Selain itu, tanaman yang diletakkan di dekat jendela akan sedikit menghalangi masuknya sinar matahari. Kamar mandi pun jadi tak begitu silau saat siang hari.

Baca juga : Usir Semut di Rumah dengan 5 Bahan Alami Ini

2. Gunakan Rak Gantung di Kamar Mandi

Rak gantung yang ada di kamar mandi biasanya digunakan sebagai tempat alat-alat mandi. Namun jika masih ada ruang kosong di rak tersebut, kamu bisa menjadikannya sebagai tempat untuk memelihara tanaman.

Kamu cukup menanam tanaman di pot mungil dan meletakkannya di rak. Pastikan posisinya juga cocok dengan seleramu, sehingga kamar mandi pun menjadi terlihat lebih indah dan lebih segar.

3. Gunakan Area Wastafel yang Masih Kosong

Selain rak gantung dan jendela, area wastafel juga bisa dimanfaatkan sebagai taman mungil. Kamu bisa meletakkan tanaman di sekitar area wastafel. Apalagi kalau meja wastafel di rumahmu ukurannya cukup besar.

Daerah di sekitar wastafel tentunya akan lebih lembap, sehingga akan cocok menjadi tempat tinggal tamananmu. Tanaman pun akan tetap segar dan tak akan kekurangan air nantinya.

Baca juga : Tips Mengolah Sampah Organik di Rumah Menjadi Kompos

 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password