Kamar Tidur yang Sehat Berdasarkan Feng Shui

Kamar Tidur yang Sehat Berdasarkan Feng Shui

Setelah beraktivitas seharian, Anda pastinya membutuhkan tempat beristirahat yang nyaman. Sehingga, Anda harus mendesain kamar tidur agar menjadi senyaman mungkin. Sebab, kamar tidur yang kurang nyaman dapat mengurangi kualitas istirahat Anda. Hal ini tentu saja bisa berpengaruh terhadap pola hidup Anda, sehingga menjadi tidak sehat.

Dalam feng shui, terdapat aturan tersendiri untuk penataan kamar tidur. Dengan mengikuti aturan penataan kamar ala feng shui tersebut, energi positif dapat dipancarkan dari kamar tidur Anda, sehingga hidup Anda pun akan menjadi lebih sehat.

Berikut beberapa tips penataan kamar tidur berdasarkan feng shui yang dapat Anda terapkan pada rumah Anda.

  1. Jika terdapat area atau meja kerja di kamar tidur Anda, maka pilih furnitur bergaya cubicle atau kabinet yang juga bisa berfungsi sebagai meja. Tujuannya agar meja kerja bisa ditutup dan tidak nampak dari pandangan mata saat Anda berhenti bekerja dan ingin beristirahat total.
  2. Apabila Anda memiliki meja rias yang dilengkapi dengan cermin dan terpaksa harus diletakkan persis di depan tempat tidur, maka lebih baik Anda menutup cermin menggunakan kain atau krei saat hendak tidur.
  3. Pilih ranjang yang memiliki kepala ranjang (headboard) yang kokoh agar dapat memastikan istirahat Anda lebih nyaman.
  4. Anda bisa mengaktifkan ragam area di dalam hidup Anda dengan meletakkan beberapa objek dan elemen feng shui di dalam kamar tidur. Sebagai contoh, jika Anda hendak meningkatkan area kesejahteraan maka tenggara menjadi area mata angin yang tepat untuk meletakkan tiga koin Cina bermaterial besi yang diikat dengan tali berwarna merah.
  5. Jangan meletakkan berbagai benda di kamar tidur yang tidak seharusnya berada di sana.
  6. Pakaian Anda harus terus tertata rapi di dalam lemari atau laci.
  7. Bersihkan bagian bawah lemari dan ranjang secara rutin, dengan menyapu atau mengepelnya.
  8. Hindarilah meletakkan benda apapun di bawah lemari atau ranjang.
  9. Jangan menjadikan kamar tidur sebagai tempat penyimpanan barang-barang bagaikan gudang.
  10. Hindari meletakkan lukisan atau aksesoris lain yang berkaitan dengan elemen air di dalam kamar tidur. Hal ini bisa memicu energi “Yang” masuk berlebihan dan mengganggu tidur Anda.
  11. Gunakan sumber pencahayaan tak langsung seperti lampu meja yang cahayanya berpendar. Namun, jangan meletakkan atau memajangnya di atas kepala.
  12. Lebih baik jangan meletakkan perabot dengan permukaan atau ujung yang lancip dan memiliki dekorasi kristal pada permukaannya.
  13. Hindarilah meletakkan laci buku yang terbuka di kamar tidur. Berdasarkan feng shui, deretan buku dapat menciptakan efek yang meracuni. Minimalisir efek ini dengan menutupnya dengan pintu bermaterial kaca atau kayu.

Kesimpulannya, benda apapun yang Anda letakkan di kamar tidur dapat memberikan efek terhadap aliran energi chi di dalam ruangan. Tugas Anda hanyalah memastikan bahwa terdapat energi yang mengalir lancar di antara pintu masuk kamar dan jendela.

Anda dapat mencegah energi chi terjebak dalam ruangan dengan menjaga ruangan tetap rapi dan bebas dari perabot berukuran besar. Akan tetapi, Anda harus menyadari bahwa tak ada ruangan yang bisa 100 persen mengadopsi aturan feng shui secara sempurna. Anda bebas mendesain kamar tidur Anda dengan memahami prinsip-prinsip yang tertera di atas.

 

Sumber : rumah.com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password