5 Jenis Tanaman Pagar yang Unik dan Cantik, Sudah Tahu Apa Saja?

jenis tanaman pagar

Memilih jenis tanaman pagar rumah yang akan dipakai merupakan aktivitas yang asyik. Ada yang menyukai pagar rumah terbuat dari besi atau beton untuk menonjolkan kesan kokoh. Selain itu, ada juga yang membuat pagar dengan memanfaatkan tanaman hidup. Masing-masing memiliki kelebihannya sendiri.

Membuat pagar dari tanaman hidup akan memberikan kesan natural dan segar untuk rumah Anda. Tampilan tanaman yang berwarna-warni juga akan mempercantik rumah dari luar. Bila ingin mengaplikasikan tanaman hidup sebagai pagar rumah, Anda harus tahu tanaman apa saja yang bisa digunakan. Agar tidak kebingungan memilih tanaman yang cocok untuk pagar rumah, berikut kami sajikan lima jenis tanaman pagar yang dapat menjadi pilihan.

1. Semak dan Perdu

semak dan perdu

Tanaman semak dan perdu sangat bervariasi jenis dan bentuknya. Karena dapat tumbuh cepat secara vertikal, tanaman semak dan perdu dapat dimanfaatkan sebagai ground atau high cover. Meskipun kebanyakan semak dan perdu tumbuh vertikal, ada juga yang tumbuh melebar secara horizontal. Bahkan ada beberapa jenis semak dan perdu yang tumbuh secara menjuntai.

Meskipun cara tumbuh semak dan perdu beragam, namun semak dan perdu yang dapat tumbuh tinggi lebih disukai. Jenis tanaman perdu yang dapat tumbuh tinggi diantaranya adalah teh (Duranta Repens), kembang sepatu (Hibiscus Rosa Sinensis), soka (Ixora hybrida), kacapiring (Gardenia Jasminoides), kemuning (Murraya Paniculata), puring (Codiaeum Variegatum), mangkokan, keji beling, dan hanjuang (Cordyline).

2. Kaktus

kaktus

Selain dapat Anda jadikan sebagai pagar tanaman, kaktus juga akan membuat rumah lebih terlindungi dan terkesan sangat unik. Duri-duri kaktus yang kecil dan tajam akan membuat orang berpikir ulang bila ingin menerobos masuk ke halaman. Jenis kaktus yang cocok dijadikan pagar adalah jenis Pachycereus Marginatus atau juga disebut Mexican fencepost cactus. Jenis kaktus ini dapat tumbuh menjulang secara vertikal sampai mencapai ketinggian enam meter. Kaktus yang dapat tumbuh tinggi, memiliki diameter batang sekitar 10 hingga 15 centimeter.

3. Tanaman Bambu-bambuan

tanaman bambu bambuan

Beragam jenis bambu–bambuan sering digunakan sebagai pembatas area taman dengan jalan umum. Daun bambu berukuran kecil dan memiliki kerapatan tinggi. Karena karakteristik tersebut, bambu mampu menghalau debu yang beterbangan dan meredam suara. Jenis bambu hias yang dapat dijadikan pagar tanaman adalah bambu Jepang (Arandinaria Japonica) dan bambu kuning.

4. Pohon Pakis

pohon pakis

Dedaunan pohon pakis cukup lebat dan bisa dijadikan alternatif pagar tanaman. Jika ingin menggunakan tanaman pakis sebagai pagar rumah, Anda dapat memilih Pakis Boston untuk ditanam.

5. Tanaman Rambat

tanaman rambat

Tanaman rambat memiliki karakter tumbuh dengan cara menjalar. Cara tumbuh tanaman ini, dapat dipadukan dengan pagar yang terbuat dari elemen keras seperti besi, beton, atau kayu. Tanaman ini juga berfungsi sebagai penutup pagar yang transparan sehingga mengurangi pandangan langsung ke arah dalam.

Pilihlah jenis tanaman yang sesuai dengan ketertarikan Anda dan mulailah mengaplikasikannya. Hal ini dapat Anda lakukan saat liburan akhir pekan dan tentu akan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Aktivitas berkebun dapat memberikan banyak manfaat, termasuk membakar kalori agar tubuh menjadi lebih sehat.

Untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan dapat beraktivitas dengan lancar, membakar kalori saja tidak cukup. Anda juga harus memperhatikan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol darah yang terlalu banyak tertimbun lemak jahat, akan membuat Anda mudah lelah untuk menjalani beragam aktivitas. Karena itu, konsumsi asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Omega 3 bisa diperoleh dari berbagai bahan makanan alami seperti ikan-ikanan. Jangan lupa untuk mengatur pola istirahat dan olahraga secara rutin.

Jika dirasa masih kurang, suplemen makanan Omepros dapat jadi andalan. Dalam tiap kapsul Omepros terkandung omega 3, 6, 9, EPA, DHA, dan vitamin E dari minyak biji blackcurrant, flaxseed oil, minyak zaitun, dan ekstrak minyak ikan salmon. Keseimbangan asupan nutrisi sangat penting diperhatikan demi tubuh yang lebih sehat untuk kelancaran aktivitas. Omepros akan membantu Anda memenuhi nutrisi harian dan juga mengurangi risiko penyakit seperti stroke serta jantung. Kandungan alami Omepros berguna melawan kolesterol jahat (LDL) yang kerap mengganggu kelancaran aliran darah. Omepros, balancing your life!

Sumber Gambar : xinature, ciptakaryalandscape, zone, wordpress, stapico

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password