Bangun Rumah Di Tanah Rawa? Pahami Dulu Jenis Pondasi yang Cocok

Bangun Rumah Di Tanah Rawa

Mygriya.com – Setiap bangunan rumah sangat butuh yang namanya pondasi. Pondasi pada sebuah rumah sangat berfungsi untuk menahan beban rumah di tanah rawa yang akan dibangun diatasnya nanti. Karena itu sebuah pondasi adalah dasar pembangunan sebuah rumah. Kalau pondasi bangunan rumah tidak kuat, bagaimana rumah akan kokoh berdiri nantinya?

Karena itu sangat penting memilih jenis pondasi yang cocok sebelum membangun rumah karena tidak semua pondasi bisa digunakan pada satu jenis rumah. Untuk Anda yang membangun sebuah rumah di tanah rawa, berikut ini kami uraikan informasinya beberapa jenis pondasi yang cocok untuk tanah rawa tersebut. Mari kita langsung simak dan cek informasi lengkapnya di bawah ini!

Jenis Pondasi yang Cocok Untuk Rumah Di Tanah Rawa

1. Pondasi plat setempat

Pada dasarnya, jenis pondasi plat setempat ini dibuat terpisah. Misalkan pondasi untuk bagian kolom, tiang, pilar dan masih banyak lagi. Material yang digunakan dalam membentuk pondasi ini berupa balok beton bertulang atau batu alam untuk bangunan non permanen. Karakteristiknya yaitu dengan kedalaman lebih dari 1,5 meter hanya dibuat dibawah kolom. Pondasi ini menggunakan teknik pondasi menerus untuk tumpuan saat mengecor sloof.

2. Pondasi sumuran

Pondasi sumuran adalah jenis pondasi yang terbuat dari susunan pipa – pipa beton yang dicor di bagian dalamnya. Langkah membuat pondasi sumuran, pertama – tama tanah rawa perlu digali sampai mencapai lapisan tanah yang keras. Kemudian Anda masukkan pipa beton ke dalam lubang galian tanah dengan susunan yang rapi. Selanjutnya, bagian dalam pipa Anda cor dengan beton cyclope.

3. Pondasi tiang pancang

Pondasi yang satu ini merupakan jenis pondasi yang jauh lebih mahal dibandingkan kedua pondasi sebelumnya. Hal ini karena pondasi ini membutuhkan alat – alat berat yang cukup banyak. Namun hal ini juga akan sebanding dengan kualitas hasil yang mampu mendukung beban yang besar. Nantinya pondasi tiang pancang bisa diaplikasikan pada bangunan berlantai lebih dari tiga dan jarang sekali bangunan rumah tinggal lantai satu menggunakannya.

Itulah beberapa jenis pondasi yang dapat digunakan untuk membuat bangunan rumah di tanah rawa. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda khususnya yang akan membangun rumah di daerah berawa.

Baca Juga : Cara Menciptakan Lingkungan Bersih Di Rumah

DAPATKAN Design INTERIOR Gratis!

Caranya sangat mudah, isi form di bawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password