Ragam Jenis Batu Bata yang Biasanya Digunakan untuk Bangunan

jenis batu bata

MyGriya – Batu bata adalah salah satu bahan bangunan yang bisa dibilang paling umum digunakan sebagai bahan konstruksi tembok, pagar, ataupun elemen rumah lainnya selain kayu. Sebagian dari Anda mungkin saja hanya tahu jika batu bata hanya dibuat dari tanah liar saja. Seiring dengan berkembangnya teknologi, batu bata tak hanya dibuat dengan tanah liat saja, tapi juga bisa dibuat dengan menggunakan bahan lainnya. Tetapi tetap saja batu bata yang terbuat dari tanah liat jauh lebih awet, kuat, murah, dan mudah didapatkan daripada bahan lainnya. Berikut ini ada beberapa jenis batu bata yang biasanya digunakan untuk bangunan harus Anda tahu.

Baca juga : Tips Belanja Furniture Secara Online

Ragam Jenis Batu Bata yang Biasanya Digunakan untuk Bangunan

Batu bata merah

Ini adalah jenis batu bata yang paling umum dijumpai di Indonesia. Batu bata merah sudah jadi bahan wajib dalam membangun rumah. Tak hanya kuat, batu bata merah tersebut juga lebih mudah ditemukan di pasaran. Batu bata merah tersebut dibuat dari tana liat dan dicetak berbentuk balok persegi panjang lalu dibakar dengan suhu tinggi.

Batu bata batako

Biasanya batu bata batako ini dibuat dari campuran semen dan pasir yang kasar lalu dicetak dan dipres. Konstruksi bangunan yang sering sekali gunakan batu bata jenis ini adalah pagar, gudang, dan pos jaga. Batu bata batako mempunyai ukuran besar, sehingga menjadikan proses pemasangannya lebih mudah dan cepat selesai.

Batu bata hebel

Lalu untuk jenis satu ini adalah jenis yang paling ringan. Batu bata hebel adalah produk pabrikan yang dibuat dengan proses kimiawi. Material jenis ini dibuat dari campuran semen, pasir kuarsa, gypsum, kapur, air, dan almunium pasta. Sebab proses pembuatannya dilakukan di pabrik, sehingga ukurannya lebih presisi dan rapi.

Batu bata berlubang

Kemudian untuk batu bata berlubang ini di dalamnya mengandung lubang silinder dan tergolong ringan. Selain itu batu bata dengan jenis ini sangat terkenal sekali sebab tergolong cepat dalam pembuatannya, khususnya pada proses pembakaran dan pengeringan.

Nah, itulah ragam jenis batu bata yang biasanya digunakan untuk bangunan bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password