Aspek yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Tanah

Aspek yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Tanah

Punya tanah bisa memberi keuntungan sendiri, entah untuk investasi atau untuk dibuat rumah nantinya. Seperti yang diketahui bersama, harga tanah sekarang makin mahal, dan kadang tak terbeli. Karenanya, punya properti berupa tanah, bisa menjanjikan nantinya.

Ini ditambah fakta kalau hunian merupakan kebutuhan utama makhluk hidup selain pangan. Dari kondisi ini pula, harga tanah melambung jauh. Tiap orang butuh tempat tinggal, dan tanah jadi makin langka. Tapi sebelum membeli tanah, ada banyak hal yang harus dipikir terlebih dulu.

Baca juga : Contoh Desain Kamar Kost yang Rapi untuk Anak Kuliahan

Zonasi bangunan

Khusus untuk kota besar, zonasi perlu diperhatikan. Di kota-kota besar, aturan semacam ini sudah umum diterapkan. Zonasi merupakan aturan dan larangan dari pemerintah setempat yang mengatur jenis bangunan yang tak dibolehkan, seperti hotel atau hunian komersil lain.

Kota besar di Pulau Jawa umumnya menerapkan aturan ini, sperti Jakarta atau Yogyakarta. Semisal, jika ingin membeli tanah untuk keperluan hotel, daerah sekitar cagar budaya biasanya melarang. Contoh mudah, di sekitar Keraton Yogyakarta tak boleh ada bangunan berlantai 2.

Ketinggian

Pasti menyenangkan punya tempat tinggal di daerah dataran tinggi. Tapi bagaimana dengan aksesnya? Atau hal lain terkait bangunannya? Tanah di lereng gunung biasanya tak stabil, dan sewaktu-waktu bisa terjadi retakan. Jelas itu bahaya bagi pemilik tanah jika terjadi hal seperti ini.

Penting untuk mengetahui kontur tanah yang akan dibeli, apalagi jika baru saja pindah ke daerah itu. Membangun rumah tak akan pernah murah di daerah lereng, belum lagi potensi bencana. Jangan makan mentah-mentah semua omongan marketing rumah.

Kemudahan

Ini termasuk akses jalan yang muat untuk berbagai tipe kendaraan. Tak cuma itu, tanah yang mau dibeli juga harus dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit, tempat belanja, sekolah, dan lainnya. Yang tak boleh dilupakan, bagaimana keadaan lingkungan sekitar juga penting.

Mencari tanah untuk dibeli saat ini mudah saja dilakukan, beberapa aplikasi jual beli bisa membantu cari lokasi yang pas. Lewat smartphone Anda bisa mengakses aplikasi AKULAKU, proses mencari tanah hingga proses beli bisa dilakukan dengan mudah. Lebih dari itu, AKULAKU menawarkan kredit tanpa repot.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password