5 Jenis Tanaman Gantung untuk Mempercantik Rumah Anda

tanaman gantung untuk rumah

Untuk rumah-rumah yang tergolong mungil, biasanya rumah tersebut jarang memiliki halaman yang luas dikarenakan lahannya yang terbatas. Bahkan halaman belakang seringkali dijadikan ruangan tambahan untuk dapur, ruang makan, hingga kamar.

Akibatnya, impian untuk memiliki lahan terbuka hijau yang besar di sekitar rumah akan sulit terwujud. Padahal dengan banyaknya tumbuhan hijau, suasana rumah akan menjadi segar dan menyehatkan bagi penghuninya. Sebagai gantinya, tanaman gantung bisa menjadi solusi alternatif untuk mempercantik sekaligus menyegarkan suasana teras dan halaman rumah Anda.

Untuk membuat teras rumah tampak indah, tentunya Anda perlu memilih tanaman gantung yang tepat. Berikut beberapa tanaman yang bisa dijadikan menjadi tanaman gantung dan dapat mempercantik rumah Anda.

 

  1. Petunia

tanaman gantung petunia untuk rumah

Tanaman yang berasal Amerika Selatan ini membutuhkan sinar matahari agar bunganya selalu rimbun. Warna bunganya pun mencolok dan dapat sangat memanjakan mata, seperti oranye, merah, dan ungu.

Selain itu, perawatan tanaman ini sangat mudah. Pastikan ia memperoleh sinar matahari yang banyak dan kelembapan tanahnya cukup. Petunia pun akan tumbuh dengan subur.

 

  1. Begonia

tanaman gantung begonia untuk rumah

Begonia sebenarnya sangat cocok di area yang sejuk karena tanaman ini asalnya memang dari negara subtropis. Akan tetapi, begonia akan tetap tumbuh dengan subur dan terus berbunga asalkan ia tidak langsung terpapar sinar matahari yang sangat panas.

Perawatannya pun mudah. Anda hanya cukup menyiram atau menyemprotkan air dingin pada tanaman ini setiap pagi dan sore agar ia selalu tetap sejuk.

 

  1. Geranium

 

tanaman gantung geranium untuk rumah

Bunga geranium, yang juga sering disebut tapak dara, memang memiliki aroma yang kurang sedap. Akan tetapi, bunganya sangat cantik, dan berbunganya pun sangat rutin. Berbagai macam warna bunganya dapat memanjakan mata yang memandangnya.

Geranium juga mudah disilangkan untuk menghasilkan warna baru. Bunga ini juga lebih mudah menarik perhatian kupu-kupu untuk menghinggapinya. Geranium akan tumbuh subur asalkan Anda rutin menyiramnya.

 

  1. Bunga Aster

tanaman gantung aster untuk rumah

Aster, atau yang juga dikenal dengan daisy, merupakan satu lagi contoh tanaman yang bisa digunakan sebagai tanaman gantung. Yang menguntungkan adalah bunga ini memiliki banyak warna dan mekarnya pun tahan lama.

Seperti begonia, bunga aster juga membutuhkan udara yang agak sejuk. Perawatannya pun mudah, Anda hanya harus rutin memastikan kondisi tanahnya tidak kering dan cukup lembap.

 

  1. Little Diamond

 

tanaman gantung little diamond untuk rumah

Tanaman ini juga dikenal dengan nama hedera helix atau english ivy. Little diamond memang tak memiliki bunga. Walaupun demikian, pinggiran daun berwarna putih dan bagian tengahnya hijau muda membuat daunnya terlihat sangat indah.

Tanaman ini juga membutuhkan sinar matahari yang banyak. Anda bisa membiarkan tanaman ini tergantung di tempat yang terpapar sinar matahari yang agak terik. Hal ini dikarenakan warna daunnya akan berubah menjadi hijau tua tanpa ada garis putih di pinggirannya jika ia tidak terkena panas.

 

Sumber : rumah.com

DAPATKAN Design INTERIOR Gratis!

Caranya sangat mudah, isi form di bawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password